Wujud Rasa Syukur, Masyarakat Karangbendo Gelar Sedekah Desa

Lumajang - (DOC) Sedekah Desa digelar warga Desa Karangbendo, Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang, Sabtu (7/9/2019).

Ritual sedekah desa diawali dengan arak-arakan 14 tumpeng raksasa oleh warga setempat, yang berisikan sejumlah hasil bumi (sayur, buah dan unggas).

Arak - arakan dimulai sejak pukul 19.00 dengan mengambil start di jalan raya Karangbendo dan finis di halaman balai Desa Karangbendo. Setelah diarak keliling perkampungan, 14 tumpeng raksasa tersebut dikumpulkan di halaman balai Desa Sedangkan satu tumpeng lainnya dinaikkan ke atas panggung.

Empat belas tumpeng raksasa yang ada di jalan dikerumuni oleh ratusan warga. Mereka terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa dari desa setempat yang bersiap merebut setiap isi tumpeng.

Sembari menunggu aba-aba, warga yang ada di sekitar masing-masing tumpeng, saling berdesakkan karena berusaha sama-sama mendekat.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pertunjukan seni wayang kulit dengan dalang Danang Wikancarito dari pagelaran se sa somo Dari Dawuhan Lor.

"Kegiatan Sedekah Desa ini rutin digelar setiap tahun yang dilaksanakan pada bulan Muharam atau Suro."ujar Rika Mustikawati selaku Kepala Desa Karangbendo.

Selain acara tersebut, ada juga acara penyerahan hadiah lomba yang digelar Pemerintah Desa Karangbendo dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke 74.

"Pada acara ini kita lakukan juga penyerahan  hadiah kepada pemenang lomba gerak jalan unik dan Juga lomba mewarnai tingkat TK ( Taman Kanak - kanak ) serta KB ( Kelompok Bermain ) Se-Desa Karangbendo." Ucap Aris selaku ketua panitia.

Tujuan diadakannya kegiatan Sedekah Desa ini tidak lain adalah sebagai simbol ucapan syukur masyarakat Desa Karangbendo  terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rezeki yang selama ini dirasakan masyarakat Desa Karangbendo.

"Kita menggelar kegiatan sedekah desa ini adalah bukti syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rezeki selama setahun ini. Semoga ditahun kedepan Desa Karangbendo semakin aman dan masyarakatnya semakin sejahtera" Terangnya.

Pemerintah Desa Karangbendo selalu rutin dalam menggelegar sedekah desa. Semoga ditahun berikutnya sedekah desa Karangbendo semakin meriah.

Jurnalis Warga: Khoirir Rozikin

Posting Komentar

0 Komentar