Tumbuhkan Minat Baca, Disarpus Gelar Lomba Bercerita

Peserta dongeng menunjukan aksi 
Lumajang,(DOC)- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang menyelenggarakan lomba dongeng untuk wali murid dan Cerita Rakyat bagi pelajar SD/MI.

Kegiatan tersebut dihadiri Umum/Wali Murid dan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Lumajang.

Tujuan dalam acara tersebut untuk mendorong masyarakat untuk menumbuh kembangkan budaya membaca melalui lomba mendongeng cerita rakyat.

Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang Edi Irianto, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan, penyelenggaraan lomba bercerita yang diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Kegiatan ini menurutnya merupakan upaya kita untuk mengembangkan dan membudayakan minat baca terhadap anak-anak.

"Untuk mengasah bakat dan kemampuan peserta, serta dapat menumbuh kembangkan semangat untuk motivasi budaya membaca, khususnya mengenai ceria rakyat," ujarnya.

Edi mengatakan, Kegemaran minat membaca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan buku harus ditumbuh kembang sejak dini dan mencari generasi muda yang dapat menjadi panutan yang dapat membudayakan gemar membaca.

“Menumbuh-kembangkan kecintaan anak-anak terhadap karya budaya bangsa dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah (lokal) yang mengandung nilai-nilai kehidupan, baik buku bernuansa cerita kepahlawanan maupun legenda,” ungkapnya.

Sementara itu Chindy Vionariska, A.Md Pustakawan Perpustakaan Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Dengan adanya lomba dongeng yang mengangkat tema Legenda Asli Lumajang, "Diharapkan mampu memberi wawasan baru bagi masyarakat dan juga lebih mencintai Kota Lumajang," tuturnya.

Chindy menuturkan, lomba mendongeng cerita rakyat yang dilombakan diantaranya tentang tokoh-tokoh pahlawan atau usul-usul daerah yang ada di Lumajang.

"Dengan harapan dongeng cerita rakyat bisa kembali ditengah-tengah masyarakat," pungkasnya. Berikut nama pemenang Lomba Mendongeng Cerita Rakyat Lumajang Tingkat SD/MI se Kabupaten Lumajang yaitu

Juara I : Andin Hanum Respati (SD Citrodiwangsan 02)
Juara II : Zahira Dasya Gasani ( SDN Negeri Ditotrunan 01)
Juara III : Faizza Aninda Widjaya ( SD Islam Tompokersan)
Juara Harapan I : Zhafran Athilla Kiyannuha ( SDN Citrodiwangsan 02) Juara Harapan II :Anggis Ayu Nur Ita C (SDN Babakan 01).

Sedangkan pemenang Lomba Dongeng Umum/Wali Murid se Kabupaten Lumajang yaitu
Juara I : Jalom Pratiwi (PAUD Amanah Labruk Lor)
Juara II Nur Azizah (TKM NU Klanting) Juara III Mamik Rizqy (TK Dharma Wanita Lumajang)
Juara Harapan I Yunita Ratnasari (TK Kartika IV-81 Lumajang)
Juara Harapan II Yudik Agustina (PAUD Tunas Harapan Tukum)

Post a Comment

0 Comments