Smaga Lumajang Cetak Jiwa Kepemimpinan Melalui LDK

Jember (DOC) - OSIS SMAN 3 Lumajang mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Lapang, bertempat di Taman Botani, Kec. Sukorambi, Kab. Jember, Sabtu-Minggu, (14-15/09/19).

Kegiatan lapang ini rutin diadakan oleh OSIS SMAGA sebagai bentuk akhir masa kerja kepengurusan OSIS 2018/2019.

LDK tersebut diikuti oleh 69 siswa dari OSIS dan MPK, dan didampingi oleh 5 guru (1 guru sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan 4 guru sebagai Pembina OSIS).

Kegiatan LDK ini adalah untuk melatih mental dan fisik peserta yang nantinya akan menduduki jabatan sebagai pengurus OSIS periode 2019/2020. Mereka dibekali dengan teori dan praktik sekaligus guna meningkatkan jiwa organisasi yang baik.

M. Calvin Krisdiyanto, Panitia LDK mengatakan LDK OSIS ini selalu dilaksanakan rutin setiap tahun, karena bertujuan untuk menanamkan kebersamaan dan etika sehingga lebih efektif ketika berada di lapangan serta mampu dalam berorganisasi dan bekerja tim.

Sementara itu Julian Dwi Rendy siswa kelas X MIPA 6 saat ditemui disela-sela waktu istirahat kegiatan menyampaikan kesannya mengikuti kegiatan LDK.

"Kegiatan ini mampu melatih kebersamaan, disiplin dan mengajari kita bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik, sehingga sangat rugi sekali jika teman-teman tidak mengikuti LDK" Ujarnya.

Lebih lanjut Julian menjelaskan dalam kegiatan LDK para peserta diberikan ilmu yang bermanfaat, seperti belajar mandiri, dan melatih kebersamaan karena peserta tidak diperkenankan membawa alat komunikasi", ujarnya

LDK diawali dengan kegiatan dapur umum, dilanjutkan dengan outbound, kemudian malamnya diadakan malam keakraban, pentas seni dan jelajah medan. Keesokan harinya para peserta diajak untuk ikut senam sehat bersama dan diakhiri dengan jelajah medan.

Kepala SMAN 3 Lumajang, Drs. Supriadi, M.Pd saat dikonfirmasi di ruang kerjanya menyampaikan pihak sekolah selalu mendukung setiap kegiatan siswa-siswinya, salah satunya LDK OSIS ini.

"Ini penting dilaksanakan apalagi menyangkut penguatan etika dan karakter siswa mengingat peran mereka dalam melaksanakan setiap event dan OSIS menjadi teladan buat siswa yang lain," Terangnya.

Jurnalis Warga: Arief Probadi

Posting Komentar

0 Komentar