Petani Kecamatan Padang Diimbau Minimalisir Penggunaan Pupuk Anorganik

Lumajang, (DOC) – Untuk meningkatkan kesuburan tanah, petani di Kecamatan Padang diimbau untuk meminimalisir penggunaan pupuk anorganik dan memperbanyak penggunaan pupuk organik di lahan pertanian.

Hal tersebut disampaikan oleh Danramil 0821/20 Padang Letnan Satu Inf Kaulan pada saat menghadiri acara Temu Lapang Pendampingan Budidaya Padi Organik dan Panen Raya menggunakan Pupuk Organik,  di Dusun Umpak Desa Tanggung Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (27/9/2019).

Kaulan juga menyampaikan, bahwa sebagai tindaklanjut MoU (nota kesapahaman) Panglima TNI dengan Menteri Pertanian dalam meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional, Koramil 0821/20 Padang melalui Babinsa di wilayah akan selalu siap dalam membantu dan mendampingi petani di wilayah dalam meningkatkan hasil panen.

"Lahan pertanian saat ini sudah banyak yang terkontaminasi dengan bahan kimia, oleh karena itu tugas kita bersama untuk mengembalikan kesuburan tanah demi masa depan anak cucu kita,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Balai Penyuluh Pertanian (UPT BPP) Kecamatan Padang Sugeng mengatakan, bahwa tujuan kegiatan ini adalah menyosialisasikan kepada petani untuk tidak selalu tergantung pada penggunaan pupuk kimia dan lebih menggunakan pupuk organik.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan, penggunaan pupuk organik selain menjaga kelestarian dan kesuburan tanah, hasil panen yang dihasilkan dapat diperoleh secara maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

“Terima kasih kepada Danramil Padang dan jajarannya, yang telah bersinergi dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) UPT BPP Kecamatan Padang dalam mendampingi serta membantu mengatasi kendala yang dihadapi petani, semoga upaya yang dilakukan bersama ini dapat menunjang keberhasilan Program Ketahanan Pangan Nasional seperti yang diharapkan pemerintah,” pungkasnya. (Pendim 0821/By)

Posting Komentar

0 Komentar