-->

Iklan

https://picasion.com/

Ketua KPK Buka Roadshow Bus KPK di Lumajang

, Selasa, September 03, 2019 WIB
https://picasion.com/

ketua KPK ketika memberikan sambutan 
Lumajang, (DOC) -Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo bersama Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq serta Wakil Bupati Lumajang membuka Roadshow Bus KPK ‘Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi’ di Pendopo Arya Wiraraja,  Selasa (3/08/2019).

Pembukaan juga dihadiri forum pimpinan daerah (Forpimda) serta kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Ketua KPK  Agus Rahardjo dalam sambutannya menjelaskan , bahwa kegiatan KPK lebih banyak di bidang pencegahan dibanding penindakan. Banyak cara dilakukan sebagai upaya pencegahan tindakan korupsi, salah satunya dengan roadshow Bus KPK.

“Bus ini sudah hampir setahun menganggur, kini dioperasionalkan kembali,” katanya.

Bus KPK akan keliling ke seluruh Indonesia yang sudah dibagi ke dalam 9 Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Pencegahan KPK.

Dikatakan Agus Rahardjo Bus ini memiliki banyak peralatan yang bisa digunakan. Bukan hanya untuk penindakan, melainkan juga untuk pencegahan.

“Bentuknya pencegahan itu memang aneh-aneh. Bisa dengan menyanyi, menggambar, permainan, dan lain-lain,” ungkapnya. Dia melanjutkan, hal ini agar proses pencegahan bisa masuk ke dalam pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi," terangnya.

Selain itu, lanjut Agus,  Bus KPK bisa berfungsi menggantikan kantor KPK di daerah-daerah. Apalagi, sumber daya manusia (SDM) mini KPK terdapat di dalam bus tersebut.

“Kita ingin membangun integritas dengan tujuan kesejahteraan. Bila kesejahteraan tercapai, maka berikutnya membangun daya saing,” terangnya.

Lebih lanjut, kedatangannya di Lumajang merupakan program dari Divisi Pencegahan KPK. Sehingga masyarakat tak lagi memahami bahwa tugas KPK itu hanya operasi tangkap tangan (OTT) seperti yang sering didengar.

Padahal, kata dia, lebih banyak tugasnya untuk pencegahan. “Roadshow bus KPK Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi merupakan satu dari program pencegahan korupsi,” jelas Agus.

Sementara,  Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq dalam sambutannya mengungkapkan,  selamat datang ketua KPK dan tim KPK dalam rangka roadshow KPK serta sosialisasi kepada mayarakat tentang bahayanya korupsi.

"Serta tentang program kegiatan anti korupsi, serta program anti korupsi," ungkapnya.
Komentar

Tampilkan

Terkini