Danlanud Abdulrachman Saleh Lepas Pesawat Cassa untuk TMC Ke Pontianak

Lumajang, (DOC) - Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Malang Marsma TNI Hesly Paat melepas satu pesawat Cassa 212 dari Skadron Udara 4 untuk melaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dalam penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalimantan dan Sumatera.

Pelepasan dilaksanakan di apron Skadron Udara 4 Selasa (17/9/2019) dengan didampingi para Kepala Dinas Lanud Abdulrachman Saleh seperti Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Kolonel Pnb Erwin Sugiandi, Kepala Dinas Personel (Kadispers) Kolonel Pnb Toto Ginanto,S.T.,M.A.P., Kepala Dinas Logistik (Kadislog) Kolonel Tek Henry R.L Tobing, S.E., dan Komandan Skadron Udara 4 Letnan Kolonel Pnb Wisnu Aji Prabowo, S.Sos.

Dalam pesannya Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat menyampaikan agar tiga belas personel crew Cassa 212 dengan tail number 2107 yang dipimpin Mayor Pnb Muh. Arif, S.Sos., itu dapat bertindak dengan hati-hati, bertanggung jawab dan mengutamakan safety dalam pelaksanaannya.

Danlanud juga berharap selama penugasan hingga awal Oktober mendatang di Pontianak dan sekitarnya, crew Cassa dari Skadron Udara 4 yang berperan dalam memodifikasi cuaca untuk mendorong turunnya hujan dapat dilaksanakan dengan lancar, aman dan selamat.

"Melalui peran TMC dari pesawqt Cassa diharapkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi Kalimantan dapat segera dipadamkan," tuturnya.

Sementara itu, Komandan Skadron Udara 4 Letnan Kolonel Pnb Wisnu Aji Prabowo, S.Sos., menambahkan crew cassa Skadron Udara 4 akan bergabung dengan personel dari BPPT yang ada di Pontianak guna melaksanakan TMC.

Sekali terbang pesawat cassa akan mengangkut sekitar satu ton garam. Salah satu keunggulan Cassa 212 dalam TMC adalah efektifitas juga mobilitasnya karena pesawatnya kecil namun lincah.

Ditambahkan Danskadron Udara 4 pada minggu lalu satu unit pesawat cassa 212 dari Skadron Udara 4 dengan 13 crew juga telah berangkat ke Lanud Rusmin Nuryadin, Pekanbaru, Riau dalam tugas TMC untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan. (Mam)

Post a Comment

0 Comments