Puluhan Siswa SD Kreatif Muhammadiyah 1 Lumajang Ikut Manasik Haji

Puluhan siswa SD Kreatif Muhammadiyah gelar manasik haji
Lumajang,(DOC)-Puluhan siswa SD kreatif Muhammadiyah 1 Lumajang melaksanakan manasik haji di halaman sekolah.

Praktek Wukuf ini merupakan  salah satu rangkaian proses manasik haji oleh siswa kelas 1 sampai 6.

Selain wukuf, prosesi ibadah  haji seperti  lempar jumroh, tawaf, dan sa’i juga dilaksanakan siswa.

Dalam kegiatan tersebut, semua siswa memakai baju ihrom yang merupakan pakaian layaknya dilakukan seorang haji. Dan pakaian ihrom ini pun juga dikenakan oleh guru SD Kreatif Muhammadiyah 1 Lumajang.

Prosesi wukuf yang diawali dengan khutbah wukuf memberikan makna tersendiri akan pentingnya sebagai hamba Allah bahwa semua sama di hadapan Allah.

Kepala SD Kreatif Muhammadiyah 1 Rohmad Adi Waluyo mengatakan, Manasik haji merupakan petunjuk atau penjelasan cara mengerjakan ibadah haji dan sebagai tuntunan hal-hal yang berhubungan dengan rukun, wajib, dan sunnah haji dengan menggunakan miniatur Ka’bah.

"Kami melanjutkan program tahun yang Lalu dengan pelaksanaan 1 tahun 1 kali," ujarnya.

Tujuan pelaksanaan manasik haji, menerapkan rukun Islam ke lima dengan memberikan bekal pengetahuan cara praktik ibadah haji atau gambaran cara pelaksanaannya.

“Kegiatan ini bertujuan agar anak dapat mengenal pelaksanaan ibadah haji baik itu materi, praktik, serta tata tertib haji lainnya. Tak hanya itu, di sisi lain kegiatan ini diharapkan dapat melatih kesabaran anak, disiplin dan kompak, serta sebagai ajang untuk mempererat ukhuwah Islamiyyah antar peserta didik dan juga guru,” imbuhnya.

Post a Comment

0 Comments