-->

Iklan

https://picasion.com/

Poktan Kertojoyo Bersama Babinsa Kertosari gelar Pemberantasan Hama Tikus.

, Senin, Juli 01, 2019 WIB
https://picasion.com/
Lumajang, (DOC) - Serangan hama tikus yang meresahkan para petani menjadi perhatian serius bagi pemerintah, menanggapi hal tersebut warga desa Kertosari kecamatan Pasrujambe kabupaten Lumajang yang tergabung dalam kelompok tani Kertojoyo bekerjasama dengan Babinsa dan dinas terkait yang menangani pendampingan para petani menggelar pemberantasan hama tikus di areal persawahan desa setempat, Senin (01/07/2019)

Ir. Sutrisno Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) kecamatan Pasrujambe yang hadir dilokasi kegiatan mengatakan, proses penanggulangan hama dan penyakit pada tanaman pada merupakan upaya yang harus dllakukan mengingat serangan hama tikus jika tidak segera ditanggulangi dapat menyebabkan berkurangnya hasil panen, bahkan mengakibatkan gagal panen.

Dengan upaya pemberantasan hama tikus yang dilakukan secara terpadu akan bisa meminimalisir serangan tikus pada tanaman padi.

"Setidaknya perkembangbiakan tikus di areal sawah menjadi berkurang sehingga serangan hama tersebut bisa dikendalikan seoptimal mungkin," terang Sutrisno.

Ia juga berharap kepada para petani untuk tetap menjaga ekosistem yang ada disawah, tidak membunuh ular dan berburu burung hantu.

"karena kedua binatang tersebut merupakan predator bagi hama tikus yang baik sehingga keberadaannya sangat membantu para petani," harapnya.

Sementara Serda Singgah Siwen Babinsa Kertosari menyampaikan, dengan pemberantasan hama tikus dengan menangkap atau membunuh hewan tikus yang berada di pematang terutama mengecek setiap lubang yang ada akan menghambat siklus.

"perkembangan hama tikus sehingga tanaman padi bisa tumbuh dengan normal dan hasil panen dapat meningkat sesuai dengan harapan semua petani,"  ujar Serda Singgah.

Pihaknya juga menyatakan, sebagai Babinsa ia akan selalu berkoordinasi dan berkomunikasi selanjutnya menggalang kerjasama dengan dinas terkait.

"guna mewujudkan kesejahteraan warga khususnya para petani sesuai dengan program pemerintah pada bidang ketahanan pangan nasional serta merealisasikan swasembada pangan dalam negeri,"  pungkasnya.(Mam) 
Komentar

Tampilkan

Terkini