Penambang Pasir Tewas Tertimpa Batu

Ilustarasi
Lumajang,(DOC)-Anang (23), warga Dusun Rowobaung Desa / Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, penambang pasir tradisional ditemukan tewas setelah tertimpa batu saat menambang pasir di aliran Sungai (DAS) Gunung Semeru Besuk Bang, Jumat (5/7//2019) sore.

Lokasi tambang pasir diketahui milik Sujak, warga Dusun Jagokereng Desa Tamanayu Kecamatan Pronojiwo Lumajang.

saat itu, korban bersama temannya sedang menggali pasir dibawah bebatuan di aliran sungai tersebut.

Saat semua pekerja tambang beristirahat, korban masih kelihatan masih melanjutkan aktifitasnya menggali dibagian bawah batu untuk mengumpulkan pasir.

Tak lama kemudian, ada beberapa pekerja disekitar lokasi, berteriak minta pertolongan, jika ada pekerja yang tertimpa batu.

Para pekerja tambang berusaha menolong, akan tetapi besarnya batu yang menimpa korban membuatnya sia-sia.

Hingga mesin pengeruk pasir (bego) diperbantukan untuk mengevakuasi korban, namun masih saja terkendaka besarnya batu yang menimpa. Lalu didatangkan lagi 1 unit bego menambah kekuatan untuk mengangkat batu.

Kapolsek Pronojiwo Iptu Basuki Rahmad ketika dikonfirmasi membenarkan kejadiann tersebut.

Namun saat dilakukan olah TKP pihak keluarga korban menolak untuk dilakukan otopsi.

"Dari pihak keluarga keberatan adakan otopsi dalam, dan segera dimakamkan karena merasa dan tau bahwa korban murni kecelakaan kerja yaitu tertimpa batu dan bukan karena tindakan aniras. Semua tertuang dalam pernyataan dari keluarga dan mengetahui kepala desa Pronojiwo dan semua saksi saudaranya ( ahli warisnya )," tulis dia melalui pesan Whatsaap. (Mam)

Post a Comment

0 Comments