Pelaku Ilegal Loging Berhasil Dibekuk Tim Cobra Polres Lumajang

Tersangka Siapa ketika diintrogasi Kapolres saat preas realese
Lumajang,(DOC)-Kasus illegal Logging yang berada di kawasan Hutan milik Perhutani di Dusun Krajan, Desa Bago, Kecamatan Pasirian yang dilaporkan oleh perhutani pada Jumat (28/9/2018).

Setelah mendapatkan laporan polres Lumajang melakukan penyelidikan, dari hasil proses lidik akhirnya menetapkan tiga tersangka yakni Siapa (34) Busiri (35) dan Muhammad Andri (25).

Sedangkan tersangka Busiri dan Andri sendiri sudah tertangkap sebelumnya dalam kasus pencurian sapi yang terjadi di Desa Bades.

Penangkapan terhadap tersangka Siapa pada Rabu 12 Juni 2019 dilakukan kawasan pantai Bambang, Desa Bago. Saat dilakukan penangkapan pelaku dilumpuhkan dengan timah panas oleh Tim Cobra Polres Lumajang karena berusaha melarikan diri saat mengetahui ada petugas yang melakukan penangkapan.

Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban mengatakan, tersangka Siapa ini merupakan bidikan Polres Lumajang.

"Akhirnya setelah beberapa bulan kami kejar, pelaku Siapa dapat kami tangkap. Percuma lari dari kejaran sang Cobra, pasti cepat atau lambat akan kami tangkap," terangnya.

Sementara menurut Kasat Reskrim AKP Hasran Cobra mengatakan tersangka sudah lama diincar polisi, akan tetapi dia sangat lihai bersembunyi.

"Tapi sepandai-pandainya Tupai melompat, pasti akan ada masa naasnya. Pelaku Siapa akhirnya bisa kami tangkap di pantai Bambang," ujar Katim Cobra.

Sementara itu, Imam Suyuti administratur kehutanan wilayah Probolinggo, Situbondo dan Lumajang menyampaikan area yang paling rawan terjadinya illegal loging adalah wilayah Lumajang.

"diwilayah Lumajang yang paling rawan di daerah Desa Bago. di daerah Desa Bago pernah hanya dalam waktu 4 bulan kerugian kami sampai Rp 2,4 milliar. dan kami yakin pelakunya adalah kelompok yang ditangkap oleh Tim Cobra ini. Tentu sangat berterima kasih kepada Tim Cobra Polres Lumajang,” ungkapnya.

Tersangka dikenakan pasal No 41 Tahun 1999 tentang kehutanan, dan Tindak pidana illegal loging, dengan ancaman pidana penjara selama 10 tahun penjara.(Mam)

Posting Komentar

0 Komentar