-->

Iklan

https://picasion.com/

Wujudkan Guru Profesional, KKN UM Desa Karangrejo Adakan Workshop Implementasi K13

, Jumat, Juni 28, 2019 WIB
https://picasion.com/
Malang (DOC) - Karangrejo adalah salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Dengan memilik ikon yang cukup dikenal yakni sebagai desa jamu, juga terdapat beberapa fasilitas umum yang mendukung kehidupan di desa tersebut. Yakni salah satunya terdapat SDN 1 dan SDN 2 Karangrejo dimana merupakan sekolah dasar negeri yang terletak di Desa Karangrejo, yang mendapat perhatian dari Mahasiswa KKN UM Desa Karangrejo.

Setelah melakukan observasi langsung kesekolah, Mahasiswa KKN UM Desa Karangrejo mendengar banyak keluh kesah dari para guru di kedua Sekolah Dasar Negeri tersebut. Keluhan tersebut yakni gantinya kurikulum KTSP ke Kurikulum 2013. Para guru merasa kesulitan terhadap bentuk penilaian yang diharapkan oleh kurikulum 2013. Berangkat dari masalah tersebut, Mahasiswa KKN UM Desa Karangrejo menawarkan sebuah kegiatan yakni berupa Workshop penyusunan penilaian K13 bagi Guru Sekolah Dasar di Desa Karangrejo.

Workshop penyusunan penilaian K13 dilaksanakan pada hari selasa, tanggal 25 Maret 2019, dengan sasaran yakni guru sekolah dasar di desa karangrejo. Dilaksanakan diruang kelas SDN 2 Karangrejo, yang dimulai  tepat waku yakni pada pukul 09.00 WIB. Peserta yakni para guru  SDN 1 dan SDN 2 Karangrejo sangat antusias yang terlihat dari kedatangan para peserta yang dimulai sebelum pukul 09.00 WIB.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, kemudian dilanjutkan dengan sambutan yakni ketua pelaksana, dan diikuti dengan sambutan dari masing-masing kepala sekolah SDN 1 dan SDN 2 Karangrejo. Memasuki acara inti yakni pemaparan materi, dimana narasumber berasal dari Universitas Negeri Malang, yaitu Drs. Suhartono, S,Pd., M,Pd  yang berasal dari Fakultas llmu Pendidikan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Bapak Suhartono, selaku pemateri sangat bersemangat sekali menyampaikan materi ke pada para guru, yang berujung dengan respon aktif berupa pertanyaan yang dilontarkan oleh para guru menyebabkan suasana semakin menarik pada workshop tersebut. Setelah penyampaian materi dan tanya jawab tersebut, dilanjutkan dengan praktik yang dilakukan oleh para guru. Dengan didampingin langsung oleh Bapak Suhartono, peserta melakukan praktik langsung yakni penyusunan penilaian k13 bagi siswa SD dengan kurikulum K13.

Saat ditemui waktu kegiatan berlangsung Bapak Sukadi selaku kepala sekolah SDN 1 Karangrejo memaparkan sangat senang dengan diadakannya kegiatan ini, “terima kasih kepada mahasiswa KKN UM, karena memang selama ini belum ada pelatihan langsung secara resmi yang dilakukan oleh dinas pendidikan”  tutur beliau.

Sementara itu, Ibu Angesti selaku kepada sekolah SDN 2 Karangrejo juga menuturkan hal yang sama, beliau sangat berterima kasih dengan kegiatan tersebut dan mengharapkan akan ada tindak lanjut kedepannya. Sanita Acmad selaku koordinator kelompok KKN UM Desa Karangrejo juga mngatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini memiliki Target Luaran Workshop Penyusunan Penilaian K13, yakni meningkatkan pemahaman guru dalam implementasi penilaian  yang sesuai dengan kurikulum 2013 di Desa Karangrejo, mampu penyusun penilaian K13 sesuai dengan aturan permendikbud, serta mendapatkan link atau jaringan guna memperdalam wawasan mengenai penyusunan penilaian K13

Komentar

Tampilkan

Terkini