www.donenews.com

Pemimpin Sederhana yang menjadi Harapan Masyarakat ?

Kategori  : Opini Foto: Ilustrasi Lumajang, (DOC) - Tidak ada pemimpin yang baik lahir secara instan. Namun pemimpin yang baik bisa  ...

Kategori  : Opini

Foto: Ilustrasi
Lumajang, (DOC) - Tidak ada pemimpin yang baik lahir secara instan. Namun pemimpin yang baik bisa  terlihat dari kesederhanaannya dan komitmennya dalam menepati janjinya dan akan terus melangkah menggapai mimpi bersama, mewujudkan harapan masyarakat yang telah memberi amanah kepadanya.

Nasihat Ali bin Abi Thalib: Seorang pemimpin memiliki kekhususannya tersendiri. Dengan tanggung jawab yang lebih besar, dia harus bisa menyesuaikan dan merasakan kehidupan rakyat terbawah yang dipimpinnya.

Kesederhanaan yang terlihat dari se orang pemimpin sebagai sebuah karakter pribadi, merupakan hal yang penting. Dengan sifat tersebut, ia bisa memberikan teladan secara nyata pada masyarakat. Masyarakat yang ia pimpin tentu sangat mendambakan seorang pemimpin yang bisa memberikan contoh dan keteladanan hidup. Hidup sederhana disini bukan berarti pelit. Pemimpin sederhana di harapkan bisa lebih memahami rakyatnya serta akan berusaha untuk mensejahterakannya.

Seperti khalifah Umar bin Khattab, yang  merupakan salah seorang sahabat utama di sisi Rasulullah Muhammad SAW. Al-Faruq, demikian julukannya, memiliki sifat yang tegas dalam membela kebenaran dan mencegah kemungkaran. Tidak hanya itu, dia juga menerapkan disiplin yang ketat setidaknya bagi diri sendiri.

Sebagai seorang pemimpin, khalifah kedua dari jajaran khulafaur rasyidin itu selalu hidup sederhana. Jauh sekali dari kesan glamor, layaknya seorang raja. Padahal, wilayah kekuasaan Islam saat itu sudah merambah luas ke luar Jazirah Arab. Bahkan, kekhilafahan di bawah pimpinan Umar sudah dapat menaklukkan Persia.

Pemimpin yang sederhana akan efektif jika watak kesederhanaannya itu berdampak pada ketegasan sikapnya. Para 'penjilat' kekuasaan akan segan kalau mengetahui pemimpin itu tergolong sederhana dan tidak bisa disuap. Tampil sederhana, bukan berarti kehilangan kehormatan dan wibawa, karena dengan kesederhanaan itu dia bisa leluasa membenahi pejabat-pejabat di bawahnya yang suka 'main mata' dengan hidup serba mewah.

Rakyat tentu sangat berharap akan hal ini, di tengah krisis kepemimpinan yang dirasakan, masih ada se orang pemimpin pejuang yang benar-benar memperjuangkan kepentingan masyarakat tidak hanya kelompok dan golongannya, Serta se orang Pemimpin yang takut pada Tuhan Sang pemilik nyawa, karena sesungguhnya kebaikan dan keburukan yang dilakukan akan ada pertanggung jawabannya.

Hadis riwayat Anas bin Malik ra., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Tiga perkara yang akan mengiringi mayit, yang dua akan kembali dan yang satu akan menetap. Ia akan diiringi oleh keluarganya, hartanya dan amal perbuatannya. Keluarga dan hartanya akan kembali dan tinggallah amal perbuatannya.
Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim [Bahasa Arab saja]: 5260

Penulis: Ahmadi (Wartawan Lumajang).

COMMENTS

Nama

Advertorial,93,Berita Daerah,3,Berita Pilihan,43,Berita Polisi,423,Berita TNI,1186,Citizen Journalis,199,D-onenews TV,28,Daerah,618,Ekonomi,46,Home,529,Hukrim,433,Hukum dan Kriminals,599,Jakarta,4,Jember,1,Kesehatan,16,Kode Etik Jurnalistik,1,Kontak Redaksi,1,Looped Slider,1,Mabes Polri,20,Main Slider,1,Malang,1,Nasional,136,Olah Raga,78,Opini,49,Pemerintah,99,Pemeritahan Dan Politik,280,Pendidikan,203,Pendidikan dan Kesehatan,235,Peristiwa,1097,Pilihan Redaksi,27,Polda Jatim,40,Politik,48,Profil,30,Ramadhan,32,Satlantas,3,satreskrim,7,Satresnarkoba,4,Sejarah,33,Sidoarjo,2,Slide,5,Slider,3335,Sosial dan Budaya,227,Surabaya,18,Tentang Kami,1,Wisata,25,Wisata/Gaya Hidup,38,
ltr
item
D-OneNewsLumajang: Pemimpin Sederhana yang menjadi Harapan Masyarakat ?
Pemimpin Sederhana yang menjadi Harapan Masyarakat ?
https://1.bp.blogspot.com/-owxEgfot4lM/XQijKUFAElI/AAAAAAAAN9c/hgfsPEq9gmsz15oLfKh4JBRxeCezAFemgCLcBGAs/s400/IMG-20190618-WA0148.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-owxEgfot4lM/XQijKUFAElI/AAAAAAAAN9c/hgfsPEq9gmsz15oLfKh4JBRxeCezAFemgCLcBGAs/s72-c/IMG-20190618-WA0148.jpg
D-OneNewsLumajang
http://www.d-onenewslumajang.com/2019/06/pemimpin-sederhana-yang-menjadi-harapan.html
http://www.d-onenewslumajang.com/
http://www.d-onenewslumajang.com/
http://www.d-onenewslumajang.com/2019/06/pemimpin-sederhana-yang-menjadi-harapan.html
true
7653509597622363292
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content