Bersama Warga, Personel Koramil Pronojiwo Bersihkan Material Longsor


Lumajang, (DOC) - Hujan yang turun dengan intensitas sedang sejak kemarin, menyebabkan longsor di kawasan Piket Nol, tepatnya di KM 55 Dusun Supiturang, Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (14/06/2019).

Danramil 0821/14 Pronojiwo, Kapten Inf Ainur Rofiq, S.H. mengatakan, longsor yang  di KM 55 kawasan Piket Nol Desa Supiturang sebagai akibat dari guyuran hujan dengan intensitas sedang sejak kemarin terjadi sekitar pukul 13.15 WIB.

“Intensitas hujan sedang sejak kemarin menyebabkan tebing sisi jalan setinggi 9 meter dan lebar 8 meter longsor dan menutup sebagian badan jalan, sehingga arus lalu lintas jalur selatan Lumajang Malang terhambat,” jelasnya.

Lebih lanjut ditambahkan, setelah mendapat laporan dari warga, babinsa segera berkoordinasi dengan aparat pemerintah desa setempat serta instansi terkait, untuk segera dilakukan evakuasi dan pembersihan material longsor, agar jalur selatan Lumajang Malang dapat lancar kembali.

“Mengingat cuaca yang tidak menentu, kepada masyarakat diharapkan selalu siaga dan berhati-hati, sehingga apabila terjadi bencana dapat meminimalisir timbulnya korban,” pesan Danramil.

Sementara itu Giman, kepala desa setempat membenarkan kejadian longsor tersebut.

Dirinya menyampaikan, setelah berkoordinasi dengan babinsa serta instansi terkait, bersama warga sekitar segera melaksanakan pembersihan material longsor yang menutup sebagian badan jalan.

“Kita menghimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan yang menggunakan jalur selatan Lumajang Malang untuk selalu berhati-hati, khususnya pada saat turun hujan.  Segera lapor kepada pemerintah desa maupun aparat keamanan terdekat apabila terjadi bencana, agar segera diambil langkah dan upaya, sehingga kerugian maupun korban dapat diminimalisir,” pungkas Giman.

Penulis : Tim
Editor   :  Mam

Posting Komentar

0 Komentar