Tingkatkan Minat Baca, PERPUSNAS RI Gelar Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca di Lumajang

Narasumber Kepala Perpusnas RI ketika berdukasi
Lumajang, (DOC) - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menggelar kegiatan Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Gemar Membaca, Sabtu (25/3/2019). Gerakan ini dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat setempat

Acara yang di selenggarakan Perpustakaan Nasional RI dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, berlangsung di Aula Kantor BKD tampak meriah, karena selain talk show oleh narasumber.

Tampak Dihadiri Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq,  Kepala Perpusnas RI , Anggota DPR RI komisi X, Kepala Perpusnas Jawa Timur, dan Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Kustati,  S. Sos, dan para pegiat literasi, pustakawan SMA.

Anggota DPR RI Komisi X Drs. Ayub Khan menjadi salah satu narasumber dalam acara tersebut, sementara narasumber lain Kepala Perpusnas RI Drs Muh Syarif Bando MM,  dan Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Timur Dr. Ir H. Abdul Hamid, serta Plt, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Kustati, S. Sos.

Dalam kesempatan tersebut anggota DPR RI Komisi X Drs Ayub Khan mengatakan,  pihaknya mengaprisiasi perpustakaan nasional RI yang mengprogramkan kegiatan Safari Gerakan Nasional  Gemar Membaca yang sangat penting.

"Sudah menjadi tugas kami sebagai anggota DPR RI bersama Pemerintah pusat melakukan inovasi," Jelas Ayub Khan.

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq mengatakan, penyelenggaraan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para pengelola perpustakaan desa, taman bacaan, serta masyarakat dalam peran sertanya mengembangkan perpustakaan di tempatnya masing-masing.

"Selain itu, kegiatan ini juga merupakan media yang tepat untuk mengenalkan pengelolaan perpustakaan dari sudut pandang lain yaitu perpustakaan yang lebih memasyarakat," katanya.

Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk membudayakan membaca dari lingkungan terkecil di rumah masing-masing, di sekolah, perkantoran, dan diberbagai kesempatan.

"Saat ini informasi tidak saja dicari di buku namun juga bisa dicari melalui e-book dan perpustakaan digital," Ujar Thoriqul Haq.

Menurut Kepala Perpusnas RI, Drs. Muhamad Syarif Bando, bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk menebarkan benih semangat dan minat baca nasional bagi masyarakat Lumajang.

Dimana Indonesia berada di 16 dari 30 negara. "Kita ingin minat baca semakin tinggi di setiap daerah," kata Syarif.

Dia mengakui memang budaya baca masyarakat Indonesia cukup tinggi, akan tetapi hal ini terlihat masih kurang begitu selaras dengan peningkatan prestasi. Sehingga selisih perbedaan ini membuat timpang antara keduanya.

"Budaya baca masyarakat Indonesia memang sangat tinggi," Pungkas Syarif.

Plt, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Kustati, S. Sos. tema kegiatan ini yakni Pustakawan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

Dia berharap dengan dipusatkannya kegiatan ini di Lumajang dapat mendorong para generasi muda semakin gemar membaca kedepannya.

"Kegiatan ini ditujukan untuk mendorong agar para penggiat literasi di Lumajang terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat khususnya para generasi muda,” imbuhnya. (Mam)

Posting Komentar

0 Komentar