Disarpus Berikan Pelatihan Komputer untuk Penyandang Difabel

pustakawan ketika memberikan pelatihan komputer
Lumajang,(DOC)-Keterbatasan fisik tidak membuat penyandang disabilitas Murid SDLB Negeri Tompokersan, Kabupaten Lumajang menyerah dengan keadaan. Dengan semangat untuk bisa setara dengan kemampuan orang normal. Murid SDLB mengikuti program pelatihan komputer di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang.

Terlihat peserta difabel ini nampak terlihat semangat diajarkan komputer oleh Pustakawan.

Kegiatan pelatihan komputer sendiri untuk difabel ini dilakukan setiap hari Selasa sore mulai pukul 14.00 - 15.00 WIB.

Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Kustiati, S.Sos., MM mengatakan, proram ini mengacu pada program yaitu program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan.
Klik videonya :


Karena ini pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan tentunya mesteknya adalah pelayanan, kalau pelayanan berarti tidak ada diskriminasi.

"Artinya semua warga baik laki-laki dan perempuan, bahkan difabel tentunya kita layani dengan adanya pelatihan pengenalan komputer, dan bisa mengoperasikan Microsoft Word, dan Excel," ujarnya.
pustakawan ketika memberikan pelatihan komputer

Sementara itu, Chindy Vionariska, A.Md Pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang menuturkan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para peserta pelatihan, sehingga dengan meningkatnya kemampuan mereka mampu meningkatkan kesejahteraan para penyandang disabilitas.

"Peserta pelatihan ini diberikan materi dari pengenalan komputer, dan Microsoft Word," terangnya.

Bahkan, menurut Chindy dalam memberikan materi untuk peserta difabel kendalanya adalah bahasa dan komunikasi.

"Menyampaikan materi agak sulit. Tetapi harus menggunakan bahasa isyarat, dan harus satu persatu, beda dengan umumnya dalam satu kali mereka sudah paham," ungkap Chindy.(Mam)

Posting Komentar

0 Komentar