Halma UM Adakan Halma Mengajar di SD Negeri Gondoruso 03

Lumajang ( DOC ) – Dalam rangka melaksanakan program kerja tahunan, Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Arek Lumajang Universitas Negeri Malang (Halma UM) mengadakan kegiatan Halma mengajar dengan tema “ Satu Visi Mengabdi Cerdaskan Anak Negeri “ di SD Negeri Gondoruso 03 yang bertempat di Desa Gondoruso, Kecamatan Pasirian pada Sabtu (30/03/2019).

Halma mengajar yang diselenggarakan tersebut dimulai pukul 07.00 WIB s/d 11.00 WIB. Kegiatan pertama yaitu apel pembukaan yang diikuti oleh kelas 1 – 5 dan kelas 6 tidak mengikuti apel pembukaan karena sedang mengikuti Ujian Akhir Sekolah ( UAS ).

Dalam pelaksanaan apel tersebut, Bapak Tukiran selaku guru menjelaskan bahwa “anak-anak yang bersekolah di SD Negeri Gondoruso 03 ini merupakan anak-anak yang memiliki semangat belajar yang tinggi, karena diantara mereka ada yang menempuh jarak hingga 4 – 6 km dengan jalan kaki melewati bukit hanya untuk bersekolah dan setelah pulang sekolah anak-anak ini biasanya membawa kayu bakar untuk dibawa pulang sebagai bahan untuk memasak di rumah” Terangnya.

Acara selanjutnya adalah proses belajar-mengajar yang  di bagi menjadi 5 kelas dari kelas 1 sampai kelas 5 yang mana pelajaran tersebut disesuaikan dengan jadwal yang seharusnya. Setelah proses belajar selesai , acara berikutnya adalah kegiatan outbond yang diselenggarakan ditengah lapangan sekolah. Outbond tersebut berupa lomba penampilan Yel-Yel dan lomba estafet karet.

“ Saya selaku siswa merasa sangat senang dan gembira mengikuti kegiatan Halma mengajar yang diadakan oleh Halma UM ini, karena saya dan teman-teman banyak mendapatkan ilmu yang bermanfaat, saya juga terhibur karena dapat merasakan rasa kebersamaan, kerja sama serta gotong royong setelah mengikuti rangkaian kegiatan Halma mengajar, kami dibina oleh kakak-kakak mahasiswa UM yang baik dan ramah ”   Pungkas Rama Setiawan siswa kelas 5 SD Negeri Gondoruso 03.

Sementara itu, Ryan Sofian ketua pelaksana Halma Mengajar 2019 menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk simpati dan empati kami sebagai mahasiswa melihat kondisi pendidikan di daerah pelosok yang jauh dari kata baik, oleh karena itu kita sebagai mahasiswa harus lebih peduli dengan kondisi seperti ini dan menerapkan ilmu-ilmu yang didapat dibangku perkuliahan.

Kegiatan Halma mengajar tersebut kemudian ditutup dengan pemberian bingkisan kepada seluruh siswa-siswi SD Negeri Gondoruso 03 yang berisi alat tulis , snack dan kebutuhan  sekolah yang lainnya.

“ Kegiatan Halma Mengajar ini bertujuan untuk membantu sekolah-sekolah di daerah pelosok yang berada di daerah Lumajang, baik dari bentuk fasilitas maupun keilmuan. salah satunya adalah di SD Negeri Gondoruso 03. Adapun dari segi fasilitas Halma UM memberikan bantuan berupa bola sepak, Bola Voli, Peta dan Globe. Dari segi keilmuan Halma UM memberikan cara pembelajaran yang menarik kepada siswa-siswi. Semoga sedikit yang kami berikan ini bisa membantu dan dimanfaatkan dengan baik oleh pihak sekolah ” ujar Muhammad Alfian Yulianto selaku Ketua Umum Halma UM.

Jurnalis warga: Dickky Divani T.Y

Posting Komentar

1 Komentar