www.donenews.com

TBM Literasi Anak Kampung: Gerakan Literasi di Lombok Tengah

Lombok Tengah (DOC)  Ahmad Mujitahid adalah seorang aktifis pegiat gerakan literasi dari Taman Bacaan Masyarakat (TBM) “Literasi Anak Kam...

Lombok Tengah (DOC)  Ahmad Mujitahid adalah seorang aktifis pegiat gerakan literasi dari Taman Bacaan Masyarakat (TBM) “Literasi Anak Kampung” yang mempunyai sekretariat di Dusun Adong, Desa Penujak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Sejak Desember 2017, Muji berinisiatif membuat TBM untuk anak-anak di kampungnya, pendirian TBM tersebut bertujuan untuk menggiatkan budaya cinta baca kepada anak.

Menurut Muji, “Literasi Anak Kampung sejarah awal terbentuknya adalah atas inisiatif pribadi. Dia mengajak beberapa teman untuk membuat gerakan literasi bareng sekaligus menyalurkan hobi membaca. Awalnya kami masih belum punya nama. Nama “Literasi Anak Kampung” sendiri baru ditemukan setelah sebulan kemudian dan kami mempunyai tagline atau motto “Anak kampung bukan berarti kampungan dengan gemar membaca”.

Aktifitas rutin yang dilaksanakan Literasi Anak Kampung adalah ngelapak tiap akhir pekan di Taman Tastura Muhajirin Praya. Selain itu, juga fokus untuk melaksanakan kegiatan jelajah literasi, kelas menulis kreatif, kelas belajar anak kreatif, mendongeng, study tour, literasi cup, literasi budaya dan masih banyak kegiatan kreatif lainnya.

"Kini Literasi Anak Kampung sudah mempunyai sekretariat sendiri sehingga warga yang ingin membaca koleksi buku bacaan yang tersedia bisa berkunjung ke sini, Literasi Anak Kampung juga ikut menggerakan virus literasi di setiap dusun dan desa dengan membantu cara membuat/mendirikan taman baca. Salah satu TBM Literasi Anak Mumbul Desa Penujak, Literasi Anak Penujak, Revolusi Literasi Lombok Desa Mujur, Semeton Bace Desa Marong dan telah membantu komunitas lainnya di Lombok mendir" ujarnya.

Pelan namun pasti, gerakan literasi yang diinisiasi oleh Muji bersama teman-teman di TBM Literasi Anak Kampung mulai menunjukkan geliat yang cukup menggembirakan. Khususnya di tahun 2018 ini, karena satu per satu target komunitas mulai terwujud.

“Beberapa target kami di komunitas yang sudah goal adalah pertama terbangunnya ajang membina cara buat TBM literasi di Lombok Tengah, kedua kami akhirnya punya keberanian melakukan sosial buber dan satunan, kegiatan literasi cup, ketiga kami sudah memulai kerja-kerja menyebarkan virus literasi ke segala pelosok desa di Kab. Lombok Tengah,” papar Muji.

Membangun gerakan literasi tentunya tak mudah, selalu ada suka dukanya. muji menceritakan, pekan pertama pembukaan lapak buku bacaan nyaris tak ada yang datang singgah membaca. Anak-anak kecil pun kecewa karena tak ada buku yang bisa dibaca sesuai dengan pengetahuan dan jenjang usianya.

“Dari pengalaman itu kami kemudian perlahan melengkapi referensi buku, khususnya bacaan untuk anak-anak. Mulailah banyak yang datang berkunjung dan Teman Baca pun mulai dikenal khalayak masyarakat di Lombok Tengah,” lanjutnya

Bulan Desember yang merupakan bulan pertama kali ngelapak kemudian disepakati diperingati sebagai hari jadi TBM Literasi Anak Kampung. Walaupun terbilang baru, tetapi Literasi Anak Kampung langsung dikenal oleh komunitas-komunitas literasi lainnya. Bahkan Kantor Bahasa Nusa Tenggara Barat pada 17–21 Mei 2017 mengundang kami untuk mengikuti Pembinaan Komunitas Baca.

Kegiatan Jelajah Literasi yang bentuknya serupa pustaka keliling, adalah kegiatan TBM Literasi Anak Kampung mendatangi pelosok-pelosok desa di Lombok Tengah setiap ada permintaan dari pemuda untuk membuat taman baca.

Jelajah literasi kini menjadi fokus kerja jangka panjang Literasi Anak Kampung yang rencananya akan terus berjalan sampai awal tahun depan.

“Harapan dan ambisi besar kami adalah menemukan, melahirkan benih-benih pekerja gerakan literasi di kampungnya masing-masing,” lanjut Muji.

Koleksi buku Literasi Anak Kampung awalnya dikumpulkan dari buku-buku pinjaman dari Komunitas GEMAR Desa Penujak. Sebagian besar buku curah atau buku obral. Kemudian dari beberapa teman, juga dari beberapa lembaga yang biasa donasi buku untuk komunitas turut menyumbang buku. Bahkan ada yang langsung transfer uang dan mempercayakan kami sepenuhnya untuk menyalurkan bantuan gempa Lombok.

Total koleksi TBM Literasi Anak Kampung saat ini ada sekitar 800-an buku, didominasi oleh buku sastra, buku sejarah, sosial politik dan buku-buku anak. Juga ada majalah, tapi 50% adalah buku Anak.

Adapun rencana ke depan, TBM Literasi Anak Kampung akan membuat Festival Hari Buku Dunia nanti pada tanggal 23 April 2019, “Kami akan mengadakan Festival Hari Buku Dunia dengan susunan acara, pawai 200 anak yang akan bersorak, #Lombok Tengah Ayok Membaca, lomba puisi, pantun serta bidato 3  bahasa, saat ini kami sedang menyusun program bersama TBM lain yang di Desa Penujak “ paparnya(Yp).

COMMENTS

Nama

Advertorial,93,Berita Daerah,4,Berita Pilihan,45,Berita Polisi,427,Berita TNI,1193,Citizen Journalis,199,D-onenews TV,28,Daerah,625,Ekonomi,46,Home,529,Hukrim,434,Hukum dan Kriminals,599,Jakarta,4,Jember,1,Kesehatan,20,Kode Etik Jurnalistik,1,Kontak Redaksi,1,Looped Slider,1,Mabes Polri,20,Main Slider,1,Malang,1,Nasional,138,Olah Raga,78,Opini,49,Pemerintah,99,Pemeritahan Dan Politik,280,Pendidikan,203,Pendidikan dan Kesehatan,235,Peristiwa,1100,Pilihan Redaksi,27,Polda Jatim,42,Politik,48,Profil,30,Ramadhan,32,Satlantas,3,satreskrim,7,Satresnarkoba,4,Sejarah,33,Sidoarjo,2,Slide,5,Slider,3346,Sosial dan Budaya,230,Surabaya,20,Tentang Kami,1,Wisata,26,Wisata/Gaya Hidup,38,
ltr
item
D-OneNewsLumajang: TBM Literasi Anak Kampung: Gerakan Literasi di Lombok Tengah
TBM Literasi Anak Kampung: Gerakan Literasi di Lombok Tengah
https://3.bp.blogspot.com/-hJyDPOS3LB8/XJIIfuAsFYI/AAAAAAAAM8A/wg4FokslCzox6MEPgEd0qMz4voxtnuWnQCLcBGAs/s320/IMG-20190320-WA0027.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-hJyDPOS3LB8/XJIIfuAsFYI/AAAAAAAAM8A/wg4FokslCzox6MEPgEd0qMz4voxtnuWnQCLcBGAs/s72-c/IMG-20190320-WA0027.jpg
D-OneNewsLumajang
http://www.d-onenewslumajang.com/2019/03/tbm-literasi-anak-kampung-gerakan.html
http://www.d-onenewslumajang.com/
http://www.d-onenewslumajang.com/
http://www.d-onenewslumajang.com/2019/03/tbm-literasi-anak-kampung-gerakan.html
true
7653509597622363292
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content