BNNK Mataram Gelar Rakor Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba

Mataram (DOC) - Badan Narkotika Nasional Kota Mataram bersama 30 instansi terkait di Kota Mataram melakukan Rapat Koordinasi dalam rangka penguatan Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika Dan Prekursor Narkotika (P4GN) di Kota Mataram.

Kepala BNN Kota Mataram H. Nur Rachmat dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Rapat Koordinasi ini dimaksudkan agar Organsasi Perangkat Daerah (OPD), Instansi Vertikal, TNI/Polri dan Masyarakat luas sebagai Institusi yang dapat melaksanakan Inpres No. 6 tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN di Lingkungannya masing masing untuk membangun dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran para ASN calon ASN, TNI/Polri dan masyarakat luas terhadap bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Selanjutnya melakukan tes urin bagi seluruh ASN dan calon ASN juga dibentuk kader anti narkoba yang mampu mempelopori dan berperan serta aktif dalam upaya P4GN di Lingkungannya masing masing dengan tujuan mewujudkan Lingkungan Kerja Bersih Narkoba dan  Kelurahan Bersih Narkoba di Wilayah Kota Mataram.

Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas diselenggarakannya kegiatan tersebut sebagai implementasi Instrusi Presiden (Inpres) Nomor 6 tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika Dan Prekursor Narkotika (P4GN) serta pembentukan Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) di Wilayah Kota Mataram.

Dalam sambutannya mengatakan tentang pentingnya para Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan dan Kelurahan lingkup Pemerintah Kota Mataram  terlibat untuk satu tujuan, satu pemahaman dan satu pandangan dalam menangani permasalahan Narkoba.

Materi Rapat Koordinasi disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Mataram, yang diwakili Asisten I Tata Praja Lalu Martawang menyatakan dukungannya dengan memberikan anggaran melalui APBD Kota Mataram dan juga telah memasukkan Program P4GN sebagai salah satu usulan program dalam Musyawarah Pembangunan Bermitra Masyarakat (MPBM) Kota Mataram. Selain itu untuk memberikan payung hukum yang lebih tegas, akan disusun Peraturan Daerah mengenai P4GN.

Sementara itu Kepala Bappeda Kota Mataram yang diwakili salah satu pejabatnya Heri Fajariatno dalam materinya menyampaikan dukungan anggaran P4GN dalam bentuk alokasi pada DPA SKPD untuk kegiatan sosialisasi/edukasi.

Rekomendasi hasil rapat koordinasi P4GN sebagai berikut
1. Pemerintah Kota Mataram mendukung pelaksanaan P4GN melalui OPD tingkat Kota Mataram, Kecamatan dan Kelurahan.
2. Mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan INPRES No. 6 tahun 2018 tentang RAN P4GN di wilayah Kota Mataram dan memfasilitasi terbentuknya Kelurahan Bersih Narkoba (bersinar) di tiap Kecamatan se Kota Mataram.
3. Menyiapkan dan memfasilitasi pelaksanaan tes urine secara mandiri di tiap OPD dan Kecamatan sesuai kebutuhan di masing-masing jenjang OPD.
4. Menyiapkan dan memfasilitasi pembentukan awig-awig dan satgas/penggiat/relawan anti narkoba termasuk kesinambungan opersionalnya di masing-masing Kelurahan.
5. Dalam mensukseskan pelaksanaan RAN P4GN dan Kelurahan Bersinar akan dikoordinasikan BNN Kota Mataram.

Melalui rapat koordinasi ini diharapkan penanganan penyalahgunaan Narkoba di Wilayah Kota Mataram lebih optimal.

Posting Komentar

0 Komentar