Siswa ABK SMAN 6 Mataram, Raih Juara 2 Tahfidz Al-Qur'an

Mataram (DOC) - SMA Negeri 6 Mataram telah merintis pendidikan inklusif sejak 2004 lalu. Sekolah ini memberikan kesempatan kepada siswa-siswi berkebutuhan khusus untuk memperoleh pendidikan yang sama dengan siswa-siswi yang normal lainnya. berbagai pendampingan telah dilakukan guna menggali potensi yang ada pada siswa-siswi berkebutuhan khusus baik pada bidang akademik maupun non akademik. Seperti yang dilakukan kepada Abdul Gawi salah satu anggota remaja mushola (Remus) SMA Negeri 6 Mataram yang duduk di kelas X Bahasa.

Atas bimbingan para guru khususnya M. Haris, S.PdI siswa atas nama Abdul Gawi mampu berprestasi dan bersaing dengan siswa lainnya khususnya dalam perlombaan menghafal Al-Qur’an. Seperti prestasi yang ditorehkan Pada perlombaan Fastabiqul khairat yang diselenggarakan SMA Negeri 1 Mataram berlangsung sejak hari Jum’at s/d Sabtu (8-9/2/2019).

Acara tahunan tersebut diikuti siswa-siswi SMA, MA, SMK Se-Pulau Lombok baik sekolah negeri maupun swasta. Perwakilan SMA Negeri 6 Mataram merupakan siswa satu-satunya yang berkebutuhan khusus, tetapi meskipun memiliki kekurangan fisik tidak mematahkan semangat Abdul Gawi untuk berkompetisi dengan siswa normal lainnya.

M. Haris, S.PdI Pembina Remus yang juga Guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 6 Mataram mengatakan, Saat itu melakukan pengamatan kepada beberapa siswa yang layak untuk mengikuti Lomba Tahfidz/menghafal Al-Qur’an, akhirnya saya menunjuk Abdul Gawi untuk mewakili SMA Negeri 6 Mataram.

“Setelah menunjuk Abdul Gawi pembinaan terus kita laksanakan dalam rangka persiapan mengikuti lomba Tahfidz di SMA Negeri 1 Mataram, pemberian motifasi juga terus saya lakukan agar dia percaya diri dan mampu bersaing dengan peserta lainnya, dia memang mempunyai potensi yang luar biasa dan mempunyai hafalan juz-nya melebihi anak yang lain, Alhamdulillah pada perlombaan tersebut Smansix berhasil meraih Juara 2 Tahfidz Ikwan, semoga kemenangan Abdul Gawi ini dapan memberikan motifasi dan semangat kepada siswa-siswi Smansix untuk memulai menghafal Al-Qur’an” ujarnya.

Lebih lanjut M. Haris, S.Pd menjelaskan Remus Smansix terus berupaya membina dan mencetak insan yang beriman, bertaqwa dan berkarakter. Beberapa program unggulan diantaranya pembina Imtaq pagi mengaji bumikan Qur'an suci, shalat berjamaah dan kajian rutin ba'da dzuhur, edukasi sedekah bermitra dengan LAZIS DASI NTB, Sedekah Jum'at berkah yaitu menyiapkan sarapan gratis bagi 100 peserta  Imtaq yang datang lebih awal, Halaqah Tahfidzul Qur'an bagi siswa berbakat dan punya niat yang kuat untuk menghafal Qur'an.

Semantara itu Abdul Gawi mengaku senang dapat meraih juara, karena saya tidak pernah membayangkan bisa meraih juara, pasalnya siswa-siswi yang berkompetisi diperlombaan ini banyak siswa-siswi dari MAN yang mana mereka sering berlatih apa lagi sekolahnya berbasis agama pasti banyak siswa-siswinya yang memiliki potensi yang luar biasa dalam hal Tahfidz Al-Qur’an dan saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para pembimbing saya, kepala sekolah dan bapak/ibu guru semua yang telah memotifasi dan memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti perlombaan apapun(Yopi).

Posting Komentar

0 Komentar