Sinergitas Tiga Pilar Lumajang Patroli Bersama Melewati Jalur Sepi Hingga Pelosok Desa

Dandim, bupati,  Kapolres foto bersama tim satgas di balai desa umbul
Lumajang, (DOC) - Mantapnya sinergitas Tiga Pilar Kabupaten Lumajang terlihat dari kebersamaan yang terjalin dalam setiap kegiatan yang dilakukan bersama.

Seperti pelaksanaan kegiatan pada , Kamis dini hari (21/02/2019), Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf Ahmad Fauzi, S.E., Bupati Lumajang Thoriqul Haq, dan Kapolres Lumajang AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban, S.H., S.I.K., M.M., M.H. melaksanakan patroli bersama.

Patroli tersebut dalam rangka meningkatkan keamanan dan menjaga kondusifitas di wilayah Kabupaten Lumajang. Kegiatan patroli bersama diberangkat dari Makodim 0821 tersebut, juga diikuti oleh personel dari Kodim 0821, Polres Lumajang, dan Satpol PP Kabupaten Lumajang, mengambil rute sektor utara wilayah Kabupaten Lumajang.

Rombongan Bupati,  Kapolres Lumajang, Dandim berhenti di Kantor Kepala Desa Umbul disambut oleh Forkopimca Kecamatan Kedungjajang, Kepala Desa Umbul dan Satgas Keamanan Desa.

Bupati, Kapolres dan Dandim memberikan arahan kepada satgas keamanan desa . “Bagaimana keadaan Kamtibmas di Desa Umbul setelah dibentuk Satgas Keamanan Desa Umbul” ujar Cak Thoriq.

Bupati lumajang H Toriqul Haq  menambahkan kegiatan patroli ini tujuannya bukan menangkap pelaku kejahatan, tapi untuk memberikan rasa aman bagi warga masyarakat.

"Semua unsur forkopimda selalu siap bersama-sama unsur keamanan menjaga keamanan kota lumajang “ ujar Cak Toriq.

Sementara itu, Kapolres Lumajang, AKBP DR. Muhammad Arsal Syahban, S.H., S.IK., M.M., M.H., menjelaskan, bahwa tujuan dari satgas keamanan desa adalah untuk membantu Kepala Desa dalam menjaga keamanan desa, sehingga siskamling harus tetap dibangun dengan sistem dan budaya kerja yang baik. Untuk itu, keamanan desa harus ditampilkan di dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Karena itu,  satgas harus dikenal oleh masyarakat.

"Kapolsek dan Danramil harus mengajak Satgas serta menyalurkan ilmunya dalam menciptakan keamanan di Desanya," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf Ahmad Fauzi, S.E. berpesan kepada anggota satgas keamanan desa, agar dapat mengikuti protap yang sudah ditentukan, terutama tentang tanda-tanda bahaya.

"Jaga kekompakan antar anggota satgas maupun dengan masyarakat desa, agar tercipta sesuatu kekuatan yang kokoh dalan masyarakat, sehingga para pelakh tindak kriminalitas akan berpikir dua kali untuk melakukan aksinya," ucap Dandim.

Setelah itu, tim patroli gabungan melanjutkan kegiatan menyuri jalan pelosok, yang diidentifikasi sebagai jalan yang dilakukan tindak kejahatan.(Mam)





Posting Komentar

0 Komentar