Personel Koramil 0821/20 Padang Bersama Poktan Bersihkan Irigasi

Lumajang, (DOC) - Sebagai upaya dalam menunjang peningkatan hasil pertanian di wilayah, Personel Koramil 0821/20 Padang bersama dengan kelompok tani Desa Tanggung serta kepala desa dan staf, melaksanakan pembersihan saluran irigasi Sungai Dam Umpak, Desa Tanggung Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, Selasa (19/2/2019)

Rambiyoso, Kepala Desa Tanggung mengatakan, Sungai Dam Umpak merupakan saluran irigasi yang sangat penting keberadaannya bagi pertanian warga setempat.

"Dengan panjang 2,5 Km, sungai Dam Umpak mengairi 185 hektar lahan pertanian warga yang ada di Desa Tanggung," ujarnya.

"Diharapkan dengan pembersihan ini aliran air lebih lancar, sehingga dapat memenuhi kebutuhan air lahan pertanian yang dilalui aliran sungai ini, terutama menghadapi musim tanam mendatang," tutur Rambiyoso.

Sementara itu Babinsa Tanggung, Serda Paisan juga mengatakan, bahwa peran aktif personel koramil dalam pelaksanaan kegiatan bersama ini, di samping sebagai upaya dalam mendekatkan diri kepada masyarakat, juga merupakan wujud pelaksanaan tugas pendampingan terhadap bidang pertanian.

"Selain melaksanakan pembinaan wilayah, TNI juga bertugas mendampingi petani dalam upaya peningkatan hasil pertanian, guna mewujudkan ketahanan pangan nasional yang telah dicanangkan pemerintah beberapa waktu yang lalu," lanjutnya.

Dirinya menambahkan, segala keluhan dan permasalahan yang dihadapi petani, akan dikoordinasikan dengan pihak terkait untuk dicarjkan solusi dan trobosan baru dalam upaya peninhkatan hasil pertanian.

"Semoga dengan pembersihan Sungai Dam Umpak dari sampah dan tanaman liar ini, dapat lebih memperlancar aliran sungai, sehingga mampu menyediakan kebutuhan air bagi lahan pertanian warga," pungkas Serda Paisan.

Penulis : Tim
Editor    : Mam

Posting Komentar

0 Komentar