Sampaikan Peran TNI di Masyarakat, Kasdim 0821 Hadiri Talk Show Radio

Lumajang, (DOC) - Guna memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang peran TNI di masyarakat, mewakili Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf Ahmad Fauzi, S.E., Kasdim 0821 Lumajang Mayor Inf Irawan Setyadi, S.H. menghadiri acara Talk Show yang diselenggarakan oleh Radio Suara Lumajang FM, Senin (28/01/2019) kemarin.

Dalam acara yang dipandu oleh Gatot, salah satu penyiar radio Suara Lumajang FM tersebut, Kasdim menjelaskan, bahwa pelaksanaan tugas kewilayahan bagi TNI diatur dalam Undang-undang nomor 34 tahun 2004 yang didalamnya terdapat tugas pokok TNI untuk melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Salah satu tugas yang harus dilaksanakan TNI di wilayah dalam pelaksanaan OMSP adalah membantu pemerintah daerah setempat di segala bidang guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” lanjutnya.

Dicontohkan oleh Kasdim, bahwa upaya membantu pemerintah daerah setempat tersebut antara lain seperti penanganan bencana alam, pendampingan terhadap petani, dan pemeliharaan kondusifitas wilayah.

“Tidak hanya itu saja, TNI berkewajiban mendukung dan membantu mensukseskan setiap program yang telah dicanangkan oleh pemerintah daerah dalam segala bidang, dengan turut aktif mengajak dan mensosialisasikan kepada masyarakat,” tambahnya.

“Di bidang keamanan, bersama dengan pemeritah daerah dan Polres Lumajang melalui jajaran yang ada di wilayah, membentuk satuan tugas keamanan desa guna meminimalisir tindak kriminal, seperti begal, pencurian ternak, perampokan dan lain sebagainya, termasuk dalam pembinaan generasi muda sebagai generasi penerus bangsa agar tidak terpengaruh hal-hal yang negatif,” tuturnya.

Di akhir penjelasannya, Kasdim mengajak seluruh masyarakat, bersama dengan TNI, Polri dan Pemerintah daerah untuk selalu bersinergi dalam menuju Kota Lumajang yang aman, tentram, damai, sejahtera dan bermartabat.(Mam) 

Posting Komentar

0 Komentar