KPU Lumajang Beri Pembekalan 55 Relawan Demokrasi

KPU Lumajang menggelar pembekalan terhadap relawan Demokrasi
Lumajang,(DOC)-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang menggelar kegiatan pembekalan relawan Demokrasi (Relasi) di salah satu rumah makan Kuliner di Lumajang.

Ketua Komisi Umum (KPU) Lumajang Siti Mudawiyah, SE mengatakan, 55 relawan Sebanyak 55 peserta relawan Demokrasi hadir dan mengikuti pembekalan tersebut.

"Selama dua hari mulai 21-22 Januari 55 relawan mendapatkan pembekalan dengan berbagai macam materi," ujarnya, Selasa (22/1/2019).

Setelah dikukuhkan, relawan ini diberi bekal edukasi mengenai peran dan tujuan dari relawan demokrasi itu sendiri.

"Kita sudah menetapkan 11 basis, yakni diantarnya pemilih pemula, pemilih keagamaan, Komunitas perempuan disabilitas atau berkebutuhan khusus, hingga organisasi perempuan," terang Siti Mudawiyah.

Dalam agenda pembekalan tersebut dihadiri narasumber, materi yang diberikan tentang materi wajib yakni Pentingnya Demokrasi, Pemilu dan partisipasi, Pemahaman tahapan pemilu yang strategis, kode etik relawan, dan tekni-teknik komunikasi public serta materi yang relevan lainnya

"Para relawan tersebut adalah kepanjangan tangan KPU yang diyakini mampu membantu mensukseskan dan mendongkrak partisipasi Pemilih dalam Pemilu 2019," tutur Siti Mudawiyah.

Ketua KPU menambahkan, relawan demokrasi ini menjadi bagian dari penyelenggara pemilu, yakni KPU Lumajang.

Oleh karena itu wajib mematuhi kode etik seorang relawan, untuk tetap independen, tidak memihak pada salah satu calon tertentu yang bertarung dalam pemilu.

"Ketahuan langgar kode etik, jelas akan dipecat secara tidak hormat,” tegas Mudawiyah.(Mam)

Posting Komentar

0 Komentar