Darling Bangkitkan Imajinasi Anak

Lumajang, (DOC) - Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang menggelar Darling di Perpustakaan Desa,"Sumber Ilmu" Balai Desa Jatigono, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang, Rabu (30/1/2018).

Acara tersebut tampak dihadiri Plt. Asisten Administrasi Sekda Kabupaten Lumajang, Hanifah Diah Ekasiwi, S.E., dan Forkopimca Kecamatan Kunir.                          

Bahkan acara tersebut di hadiri 750 peserta terdiri siswa PAUD,TK, dan SD desa setempat

Plt. Kepala Dibas Kearsipan dan Perpustakaan  Kabupaten Lumajang, Kustiati, S. Sos., M.M., mengatakan Darling, yang merupakan kependekan dari Dongeng Anak dan Remaja Keliling, diharapkan dapat membangkitkan  imajinasi anak.

Dijelaskan Kustiati, bahwa Darling tersebut  merupakan inovasi Dinas Kearsipan dan  Perpustakaan Kab. Lumajang.                  

"Darling ini adalah inovasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, sebagaimana instruksi Bupati dan Wabup," ungkapnya.                              

Menurut Kustiati, kegiatan Darling  itu, adalah menuju Literasi untuk kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, Kata Kustiato kegiatan ini siswa – siswi diajak gemar membaca buku, karena gemar membaca buku sejak dini, dinilai sangat penting untuk membangun semangat literasi generasi bangsa agar ke depan memiliki generasi muda yang berkarakter.

"Gemar membaca ditekankan ke anak usia dini dulu, dari PAUD, TK dan seterusnya," tuturnya.

Selain itu,  acara tersebut akan ada membaca bersama,  ada 1 unit bus perpustakaan, 2 mobil pintar, dan 4 motor pintar yang kita sediakan.

"Saya gak menyangka animo anak - anak luar biasa," ujar Kustiati.

Dia menjelaskan, bahwa kegiatan Darling di Desa Jatigono merupakan yang perdana dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang.

Kegiatan Darling yang serupa, akan dilaksanakan di lain tempat di wilayah Kabupateb Lumajang.          

Untuk itu diharapkan ke depan dengan adanya Darling dapat membawa anak-anak berimajinasi, sehingga mereka akan senang untuk datang ke perpustakaan khususnya di Desa Jatigono.

"Saya berharap ke depan Darling ini dapat menyentuh desa di seluruh kecamatan se-Kabupaten Lumajang, yang nantinya akan kita agendakan dan dibicarakan dengan pejabat dan pengurus perpustakaan di desa-desa, guna mempersiapkan kegiatan yang serupa," ungkapnya.(Mam) 

Posting Komentar

0 Komentar