115 Siswa SD Ikuti Seleksi Polisi Cilik

Lumajang, (DOC) - Sebanyak 115 siswa siswi Sekolah Dasar dari seluruh wilayah Lumajang, Rabu, (16/1/2019) mengikuti seleksi untuk menjadi anggota Polisi Cilik (Pocil) yang diselenggarakan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Lumajang. Seleksi tahap dua ini sendiri dilaksanakan di Aula Gedung olah raga Amanda Sport Center.

Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP I Gede Putu Atma Giri juga turun langsung untuk memantau dalam pencarian bibit terbaik untuk selanjutnya dilatih menjadi anggota Pocil Polres Lumajang tersebut.

"Peserta Pocil ini diikuti oleh 29 Sekolah Dasar yang ada di wilayah Lumajang. Tahap pertama itu ada sekitar 290 anak, kemudian telah kita kerucutkan menjadi 115 siswa" ujar Giri

Tak sampai disitu, dari 115 anak tersebut, akan diseleksi lagi menjadi 50 anak.

"Dari jumlah itu, maka akan mengerucut menjadi 31 anak yang siap didik menjadi Pocil yang akan di didik khusus selama dua bulan menjadi Polisi Cilik", tambah Giri.

Sebelum mengikuti seleksi, calon Pocil diwajibkan harus memenuhi beberapa kriteria, diantaranya adalah masuk 10 besar peringkat akademik di sekolahnya masing masing.

Selain itu, mereka juga harus memiliki hobi olah raga maupun pernah mengikuti kegiatan baris berbaris di sekolahnya.

"Calon pocil adalah siswa siswi kelas 3 ataupun 4 SD, jadi sekitar umur 9 ataupun 10 tahun" tambah Kasat Lantas.

"Dengan demikian, anak-anak yang kita didik menjadi polisi cilik ini akan membantu kita untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas. Nah, kalau anak-anak yang memperingatkan yang sudah dewasa, otomatis kan yang dewasa bakalan malu" tutup Giri

Sementara itu,  Kapolres Lumajang AKBP Muhamad Arsal Sahban SH SIK MH MM menambahkan bahwa pemilihan pocil ini juga didukung langsung oleh Bupati Lumajang.

"Pihak Pemda sangat mendukung keberadaan pocil ini. Bupati Lumajang berjanji akan memfasilitasi ke eksistensian pocil, termasuk pakaian yang akan mereka gunakan kelak" Tegas Arsal.

Kata Kapolres Lumajang Polisi Cilik ini akan dibentuk baik secara mental maupun fisik, untuk menjadi duta lalu lintas yang mumpuni.

"Jadi bagi para orang tua, jangan kaget kalau anaknya nanti menjadi anak yang hebat, dan luar biasa" imbuh Kapolres

Arsal berharap, adanya pocil akan menumbuhakan semangat patuh terhadap peraturan berlalu lintas. Sehingga mereka akan menularkan semangat tersebut di lingkungan nya serta terbiasa patuh terhadap peraturan hingga mereka dewasa. (Mam) 

Posting Komentar

0 Komentar