Polisi Gelar Bakti Sosial Untuk Bantu Korban Banjir di Rowokangkung

Lumajang,(DOC)-Jajaran Polres Lumajang melaksanakan kerja bakti di Desa Sidorejo dan Desa Wungurejo Kecamatan Rowokangkung  beberapa waktu hari lalu terkena bencana banjir dikarenakan imbas meluapnya sungai di Jatiroto.

 Jajaran Polres Lumajang mengajak komunitas masyarakat antara lain HIPMI, BADAK, RS Bhayangkara, Prasbara Saka Bhayangkara, Koramil Rowokangkung , Bhayangkari Cabang Lumajang, Satpam PG Jatiroto dan Puskesmas Sumbersari memberikan bantuan kemanusiaan dalam berbagai macam bentuk, mulai dari bantuan makanan, pakaian layak pakai hingga keperluan sehari hari. 


Kali ini, rombongan juga memberikan bantuan berupa tenaga yg diimplementasikan melalui kerja bakti bersama di Desa Sidorejo dan desa Wungurejo.
 

Sesampai di lokasi, Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MH MM yang memang memimpin rombongan ini langsung mengambil apel dan memberikan arahan kepada seluruh relawan yang berjumlah 214 orang tersebut. Seusai apel ini, para relawan langsung dibagi dalam kelompok kecil dan langsung mendatangi lokasi yg telah ditentukan untuk membantu warga yg memang mulai membersihkan rumahnya lantaran banjir terpantau mulai surut. Dalam kegiatan ini, nampak yang saling bahu membahu bersama warga mengeluarkan sofa dari dalam rumah untuk selanjutnya dijemur, membersihkan kasur yg sempat beberapa hari terendam, hingga membersihkan lantai dari lumpur yg sempat masuk kedalam rumah warga.
 

Tak kalah penting, beberapa anggota dari Polres Lumajang, Polsek rowokangkung dan Koramil Rowokangkung nampak mengangkat karung berisi pasir dan dibawa menuju ke pinggir sungai. Hal ini berfungsi untuk membuat tanggul sementara, sehingga jika dalam waktu dekat air kembali naik, setidaknya masih bisa menahan luapan sungai tersebut. Direncanakan dalam waktu dekat pemerintah akan membuat beberapa alternatif agar banjir tahunan ini tidak kembali terjadi di waktu yg akan datang. Diantaranya adalah membuat sodetan di pinggir sungai, meninggikan pinggir sungai, hingga mengeruk dasar sungai agar debit air yg mampu ditamoung sungai tersebut dapat bertambah.
 

Di sela sela kegiatan ini, kapolres mengungkapkan "kegiatan ini merupakan kegiatan dalam rangka kemanusiaan, bencana banjir sudah sangat meresahkan bagi warga sekitar. Berbagai macam bantuan sudah digalakkan dan kerja bakti ini juga bantuan yg sangat membantu bagi masyarakat karena lumpur yg menumpuk akibat sisa banjir yg telah surut. Alhamdulillah dengan kerja beramai ramai semua dapat diatasi dengan mudah. bantuan alat alat kebersihan seperti wipol, kain pel, sapu dll diberikan kepada warga dan sekaligus digunakan saat kerja bhakti" ujar Arsal.
 

Kegiatan berjalan kondusif berkat kerja sama antar masing masing relawan yg membantu membersihkan sisa sisa banjir di Desa Sidorejo dan desa Wungurejo kec Rowokangkung. Tampak warga cukup antusias serta sangat tertolong dengan bantuan kali ini. 

"Saya pribadi cukup terbantu, apalagi tdi juga dibantu membersihkan lumpur dari dalam rumah saya. Bantuan obat obatan juga sudah masuk, semoga bencana ini cepat teratasi" ungkap ibu Tumirah, salah satu warga yg rumahnya terkena banjir luapan sungai Jatiroto ini.(Mam)

Post a Comment

0 Comments