22 Perpustakaan Desa di Lumajang Mendapatkan Hibah Komputer

Lumajang,(DOC)-Perpustakaan Daerah Kabupaten  Lumajang memberikan bantuan 1 Komputer untuk 22 Perpustakaan Desa yang ada di Kabupaten Lumajang, Jumat (14/12/2018) siang di Perpustakaan Kabupaten Lumajang.

Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Kustiati, S.Sos., MM mengatakan dalam sambutannya, Pemberian komputer ini untuk lebih baik lagi dalam mengelola Perpustakaan Desa, walaupun hanya 1 komputer. Komputer yang diberikan untuk penguatan Perpustakaan Desa, bukan untuk  pemerintahan Desa.

“itu yang perlu harus dipahami, makanya saya sudah mengundang Kepala Desa   agar tidak keliru menempatkan“ Ujarnya.

Dia menjelaskan Program ini adalah program Replikasi Pengembangan Perpustakaan yang diselenggarakan oleh Perpuseru - Coca Cola Foundation Indonesia yang bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi, dengan tujuan dapat memberikan dampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.



Bantuan itu diharapkan Kustiati dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh petugas perpustakaan desa guna pengembangan perpustakaan, sehingga semakin banyak dikunjungi masyarakat.

"Harapan kita dengan adanya komputer di perpustakaan desa itu membuat perpustakaan menjadi ramai di kunjungi masyarakat dalam rangka menambah wawasan," harapnya.

Selain penyerahan bantuan komputer, Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang, pada tanggal 13 Desember 2018 juga menyerahkan hadiah yakni lomba Perpustakaan sekolah Tingkat SLTP yang meraih juara 1,2,3 dan meraih juara harapan 1,2,3, lomba rumah baca Desa/Perpustakaan Desa yang meraih juara 1,2,3 dan juara harapan 1,2,3. Dan lomba kearsipan desa yang meraih juara 1,2,3 dan meraih juara harapan 1,2,3.
Data yang berhasil dihimpun.

Data pemenang yang berhasil dihimpun media ini yakni lomba Perpustakaan Sekolah  tingkat SLTA dan SLTP yakni ditingkat SMP/MTs yakni MTs Negeri Lumajang juara 1, SMPN 4 Lumajang juara 2, dan SMPN 2 Klakah meraih juara 3. Sedangkan yang meraih juara harapan 1 yakni SMPN 2 Sumbersuko, juara harapan 2 SMPN 3 Lumajang, dan SMPN 2 Lumajang juara harapan 3.

Untuk ditingkat SLTA, juara 1 SMAN 1 Lumajang,  SMKN 1 Tempeh juara 2, MAN Lumajang juara 3. Sedangkan yang meraih juara harapan yakni SMK Muhammadiyah Jatiroto meraih juara harapan 1, juara harapan 2 diraih oleh SMAN 1 Kunir, sedangkan juara harapan 3 SMAN 1 Jatiroto.

Sedangkan untuk lomba kearsipan Desa tahun 2018, juara 1 diraih Desa Tempursari, juara 2 Desa Klakah, sedangkan juara 3 diraih Desa Nguter, Kecamatan Pasirian.

Sedangkan yang meraih juara harapan 1 Desa Pasirian, juara harapan 2 diraih Desa Pronojiwo, serta juara harapan 3 diraih Desa Kedungmoro, Kecamatan Kunir.(Mam)

Posting Komentar

0 Komentar