Warga Jarit Minta Jalur Tambang Pasir Lewati Kamar Kajang

Lumajang,(DOC)-Ratusan warga Desa Jarit, Kecamatan Candipuro mendatangi Pendopo Kabupaten Lumajang untuk bertemu dengan Bupati Lumajang, Sabtu (17/11/2018) sore. Kedatangan warga langsung diterima Bupati Lumajang Thoriqul Haq di Pendopo.

Dalam pertemuan tersebut warga menyampaikan aspirasinya kepada Bupati Lumajang untuk menutup akses jalan bagi truk pengakut pasir yang setiap hari melintasi desa Jarit.

Hal tersebut karena jalur tambang pasir yang melintasi jalan Desa Jarit sangat meresahkan masyarakat.

Sementara salah satu warga menyampaikan, akibatnya banyak truk pasir yang melintas di desa, aktivitas warga terganggu."kami ingin terbebas dari debu yang setiap harinya dilalui truk pasir. Itu juga banyak kejadian merugikan warga" tuturnya.

Selain itu warga juga menyampaikan usulan agar ada jalur tambang pasir untuk melewati Kamar kajang atau sepanjang aliran sungai Semeru karena tidak ada pemukiman penduduk.

"ada jalur alternatif yakni melewati Kamar Kajang yaitu menyusur sepanjang aliran sungai lahar Semeru kemudian tembus kejalan utama," kata warga menyampaikan ke Bupati.

Namun demikian Bupati Lumajang mengatakan masih akan menggelar rapat dengan sejumlah OPD. Apakah jalur tersebut bisa digunakan untuk pembangunan jalan tambang.

"Malam ini saya panggil Dinas PU, Satpol PP, Kesbangpol, Dinas Perhubungan dan BPBD untuk menggelar rapat," Ujar Bupati menyampaikan kepada warga.

Warga desa Jarit masih tetap akan memlokade jalan dan melarang tambang pasir melewati Desa Jarit.

"Kami warga Jarit merasa senang dengan janji pak Bupati. Tetapi kita tidak akan membuka blokade dan tetap menutup jalan untuk angkutan tambang pasir," ujar Alfan Habibi, salah seorang perwakilan warga.

Ketika ditanya sejumlah awak media Keinginan warga untuk memblokade jalan. Bupati mengatakan belum bisa memberikan kepastian soal itu. Karena sebagai bupati tidak boleh menutup jalan.

"atau berkeputusan menutup jalan secara permanen itu juga tidak boleh, karena itu milik masyarakat secara umum," pungkas Thoriq Haq.(Mam)











Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar