Teladani Perjuangan Pahlawan, SCS Smaga Kunjungi Rumah Veteran

Lumajang (DOC) - Dalam memperingati Hari Pahlawan organisasi Study Club Sejarah (SCS) SMA Negeri 3 Lumajang (SMAGA), Selasa (20/11/2018) menggelar acara kunjungan ke rumah pejuang. Acara ini rutin dilakukan setiap tahun dan menjadi program kerja SCS Smaga.

Pada tahun ini SCS Smaga mengunjungi kediaman Bapak Djoeremi yang beralamat di Perum Bumirejo, Desa Sumberejo, Kec. Sukodono, Kab. Lumajang.

17 anggota SCS Smaga yang ikut kegiatan tersebut sangat antusias mendengarkan kisah perjuangan beliau bersama Kapten Kyai Ilyas dan para pejuang yang ada di Lumajang.

"Ada banyak pahlawan yang ada di Indonesia ini, salah satunya Kapten Kyai Ilyas yang merupakan pahlawan asli dari Lumajang. Pada saat itu saya adalah salah satu anggota pasukan dari kompinya Kapten Kyai Ilyas. Beliau merupakan pemimpin yang memiliki ketegasan, memiliki keimanan yang tinggi dan merupakan sosok yang sederhana" terangnya.

Lebih lanjut Djoeremi menjelaskan bahwa semangat kita dulu adalah biar saja kita mati asalkan kita bisa menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mengusir penjajah dari negeri ini.

"Saya berpesan kepada kalian para generasi penerus bangsa jagalah NKRI ini jangan ada perselisihan, perbedaan pendapat yang dapat memecahkan negara ini, kalian juga yang nanti akan meneruskan perjuangan kami, isilah  kemerdekaan negara ini dengan cara belajar dengan tekun dan jangan sampai kalian terjerumus oleh hal-hal negatif apalagi hingga mendekati narkoba karena itu dapat merusak semuanya" tuturnya ketika menasehati seluruh anggota SCS Smaga.

Diakhir kunjungannya anggota SCS Smaga memberikan cindera mata kepada Bapak Djoeremi dan melakukan foto bersama.

"Saya sangat senang sekali karena masih ada anak zaman sekarang yang mau belajar sejarah perjuangan para pahlawan Indonesia khususnya di Lumajang" lanjutnya.

Sementara itu Drs. Joni, M.Pd Pembina SCS Smaga yang juga Guru Sejarah SMA Negeri 3 Lumajang tersebut mengungkapkan rasa bangganya kepada generasi muda yang tergabung dalam SCS Smaga, mereka menunjukkan kecintaannya kepada bangsa dan negara ini dengan belajar sejarah dan meneladani perjuangan para pahlawan.

"Saya sangat bangga sekali dengan siswa-siswi SCS Smaga yang selalu mengadakan kegiatan lawatan sejarah, kunjungan situs maupun kunjungan ke veteran dll, dalam upaya menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada teman-temannya" ujarnya.

Setelah dari kediaman Djoeremi para anggota SCS Smagapun melanjutkan kunjungannya ke rumah dan mushola Kapten Kyai Ilyas yang berada di Dusun Boreng, Desa Galingan, Kec. Sukodono, Lumajang.

Jurnalis Pelajar: Putri Dahlia Larasati (Siswi Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 3 Lumajang).
Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

1 Comments: