Singkirkan Material Longsoran, Personel Koramil Karya Bakti Bersama Warga.

Lumajang,(DOC)-Pasca hujan deras yang mengakibatkan terjadinya tanah longsor didua titik yang  menimpa rumah Waginem (62 th) di wilayah  rt. 26 rw. 09 dan menutup badan jalan wilayah rt. 29 rw. 09 dusun Sidomukti desa Tamanayu kecamatan Pronojiwo kabupaten Lumajang, personel Koramil 0821/14 Pronojiwo berupaya membersihkan material longsoran bersama dengan warga setempat, Senin (26/11/2018)
 

Menurut Pelda Danang Bati Wanwil Koramil 0821/14 Pronojiwo selaku koordinator kegiatan karya bakti mengatakan, kejadian tanah longsor yang ada di wilayah tersebut diakibatkan oleh tingginya curah hujan yang terjadi dalam waktu cukup lama pada hari Minggu malam (25/11/2018) sehingga menyebabkan tanah menjadi labil dan terjadi tanah longsor, ungkapnya.
 

Atas perintah dari Danramil, kejadian tersebut segera ditindakkanjuti dengan berkoordinasi bersama unsur pemerintah desa untuk dilaksanakan karya bakti bersama dengan mengerahkan warga setempat guna membersihkan material longsoran dari dua titik lokasi, terang Pelda Danang.

Ia juga mengungkapkan, kegiatan karya bakti yang dilaksanakan sebagai upaya untuk membantu warga yang terdampak musibah, "lokasi rumah ibu Waginem kita bersihkan dari material longsoran dan bahan bangunan yang masih bisa digunakan seperti batu bata disisihkan kemudian ditempatkan pada lokasi yang aman, sedangkan lokasi longsor yang ada dijalan kita upayakan untuk disingkirkan material yang menutupinya sehingga jalan bisa diakses kembali oleh warga, paparnya.

Kepada masyarakat juga dihimbau agar selalu waspada dengan cuaca yang sudah mulai turun hujan, mengingat mayoritas wilayah kecamatan Prinojiwo berada didataran tinggi yang rentan terjadinya musibah tanah longsor sehingga kewaspadaan dan kesiapan siagaan perlu lebih ditingkatkan serta segera melaporkan kepada aparat terkait apabila sewaktu-waktu terjadi bencana untuk diadakan tindakan lebihlanjut,  pungkas Pelda Danang.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Untung selaku Kasun Sidomukti yang menghimbau kepada seluruh warganya untuk senantiasa waspada dengan datangnya musim hujan "Awal musim tanah tanah sangat rentan longsor karena kondisinya sangat labil", imbuhnya.

Lebih lanjut ia juga mengatakan, dengan kesiapsiagaan terhadap suatu bencana akan bisa mengurangi terhadap resiko yang mengakibatkan terjadinya korban jiwa sehingga dampak tersebut bisa diminimalkan dengan antisipasi yang kita lakukan, himbau Untung kepada warganya.(Mam)


Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar