Polisi dan Warga Gagalkan Pencurian Sapi di Pasirian

Lumajang,(DOC)-Polisi bersama masyarakat berhasil aksi pencurian sapi di Dusun Krajan, Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Senin (26/11/2018).

Kejadian pencurian sapi milik M. Fatoni warga setempat terjadi sekitar pukul 03.15 Wib. Tiga ekor sapi dibawa kabur pelaku.

Awalnya pelaku masuk kedalam kandang dengan cara membuka pintu kandang yang terbuat dari ayaman bambu yang hanya di ikat dengan tampar lalu pelaku masuk dan melepasi tali tampar dan menuntun keluar menuju ke arah timur.

Polsek Pasirian yang menerima laporan masyrakat terkait adanya pencurian sapi langsung mendatangi lokasi kejadian. Kemudian polisi bersama warga melakukan pencarian.

"Pencarian membuahkan hasil sapi pertama itemukan disekitar Gunung Tambu Desa Bago, kemudian yang kedua ditemukan diseputar Gunung Pucangrangga Desa Condro dan yang terakhir diseputar perkampungan Sampit Desa Madurejo perbatasan dengan Desa Lempeni Kecamatan Tempeh," jelas Kapolres Lumajang AKBP DR Muhamad Arsal Sahban SH SIK MH MM. Selasa (27/11/2018).

Kapolres menjelaskan, awal mulanya sekitar pukul 24.00 Wib pemilik sapi memberi makan ketiga ekor sapi.

"Namun saat akan memberi makan di lihat sapi sudah tidak ada lalu korban meminta bantuan warga sekitar," imbuhnya.

Meski aksi pencurian itu berhasil digagalkan, pimpinan tertinggi di Polres Lumajang tetap memerintahkan anggotanya untuk mengusut, siapa dibalik aksi kejahatan tersebut, agar warga tak direjam keresahan.

"Saya acungi jempol karena berhasil menggagalkan pencurian hewan ini. Dengan begitu masyarakat tidak jadi kehilangan hewan ternaknya, tapi saya akan terjunkan timsus Reskrim Buru Sergap untuk memburu pelaku curhewan tsb agar tidak terjadi hal serupa di tempat lainnya dan masyarakat tidak risau atas kejadian berikut," tutur AKBP DR Muhamad Arsal Sahban.

Pelaku pencurian sapi dikenakan pasal 362 KUHP dengan ancaman penjara paling lama 5 tahun.

"Barang siapa mengambil barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagaian kepunyaan orang lain, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum, diancam karena pencurian, dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyak enam puluh rupiah," pungkasnya.(Mam)






Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar