GSNI Lumajang, Dukung Bupati dan PCNU Usulkan Gelar Pahlawan Nasional Kepada Kapten Kyai Ilyas

Lumajang (DOC) - Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI) Kabupaten Lumajang secara resmi mengeluarkan surat dukungan kepada Bupati Lumajang dan Pengurus Cabang Nahhdlatul 'Ulama (PCNU) Lumajang agar Kapten Kyai Ilyas dijadikan sebagai Pahlawan Nasional.

Surat dukungan tersebut tertanggal 10 November 2018 itu, ditandatangani pengurus DPC GSNI Lumajang. Surat ditujukan kepada Bupati Lumajang dan Ketua PCNU Lumajang.

Khoirur Roziqin, Ketua DPC GSNI Lumajang menyatakan Kapten Kyai Ilyas adalah seorang Kyai yang berjuang angkat senjata bersama santrinya yang tergabung dalam pasukan Hizbullah untuk mengusir Belanda di Lumajang. Tidak hanya di Lumajang, beliau juga berjuang di 3 kabupaten yakni Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Malang.

"Secara resmi kita akan mengirimkan surat dukungan kita kepada Bupati Lumajang dan PCNU Lumajang untuk mengusulkan Kapten Kyai Ilyas sebagai Pahlawan Nasional yang nantinya surat dukungan tersebut akan kita kirim pada Senin, 12 November 2018," paparnya

Proses pengajuan gelar Kapten Kyai Ilyas menjadi Pahlawan Nasional diprakarsai oleh Gerakan Dukungan Kyai Ilyas Pahlawan Indonesia (GARDA KIAI), melalui menerbitkan buku edisi pemutakhiran yang berjudul "KYAI ILYAS: Pahlawan Santri dari Lumajang" yang dimutakhirkam oleh Mansur Hidayat, S.S., M.M., Lutfia Amerta Sanjiwani, S.Pd., Rina Rohmawati,S.S., M.Hum

"Tidak hanya itu, mereka juga mengadakan napak tilas perjuangan Kapten Kyai Ilyas di Lumajang dengan 3 titik penting yaitu Musholah Kapten Kyai Ilyas di Dusun Galingan, Desa Boreng, Kec. Sukodono, Monumen Kapten Kyai Ilyas di Desa Banjarwaru, Kec. Lumajang dan Makam Kapten Kyai Ilyas di  TMP Kusuma Bangsa Lumajang," tambahnya.

10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan. Pada tanggal ini merupakan momentum mereka untuk pengajuan gelar Kapten Kyai Ilyas menjadi Pahlawan Nasional. Mereka berharap semua elemen masyarakat juga mendukung kegiatan ini.

"Kita berharap semua masyarakat Lumajang juga memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang, PCNU Lumajang dan Garda Kiai agar segera membentuk tim pengusulan dan melengkapi data-data yang dibutuhkan dalam pengajuan pengusulan agar segera diproses," pungkasnya(Dandy).
Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar