Koramil 0821/01 Lumajang Dukung Program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL)

Lumajang,(DOC)-Seiring dengan pertambahan penduduk dan alih fungsi lahan pertanian yang tidak akan pernah bisa dihentikan, maka berbagai upaya untuk tetap mengusahakan tercapainya kemandirian pangan pun harus terus dilakukan, dievaluasi, diperbaiki dan diapresiasi.
Mewujudkan hal tersebut,  warga rt. 02 rw. 01 Kelurahan Ditotrunan bersama Lurah dan Staf Serta Personel Koramil 0821/01 melaksanakan kegiatan penyiapan tempat yang akan digunakan sebagai Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL), Selasa (20/11/2018)

Danramil 0821/01 Kapten Arm Ony Ariyanto, S.H. menyampaikan, " Adanya kesadaran yang kreatif dan kritis antara pemerintah bersama masyarakat untuk mewujudkan kemandirian pangan dengan pemanfaatan pekarangan atau lahan sempit sebagai tempat produksi bahan pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat pada tiap-tiap rumahtangga.

"Konsep M-KRPL sendiri adalah memanfaatkan pekarangan sebagai sumber bahan pangan rumahtangga melalui penanaman berbagai tanaman sayuran, buah-buahan, umbi-umbian dan tanaman obat serta pemeliharaan ternak guna memberikan kemandirian pangan sehingga hasil dari semuanya dapat menunjang kebutuhan demi kelancaran ekonomi keluarga, terangnya.

Sementara Lurah Ditotrunan  Abdul Ghafar mengharapkan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat untuk  berpartisipasi secara aktif karena program ini merupakan langkah dan terobosan yang bisa membantu perekonomian guna menunjang kebutuhan rumahtangga, lanjutnya.

Tujuan dari program MKRPL sendiri adalah memenuhi Kebutuhan pangan dan gizi keluarga melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan secara lestari, meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat untuk budidaya tanaman pangan, buah, sayuran dan tanaman obat  (toga), pemeliharaan ternak dan ikan dan banyak tujuan lainnya dari program ini, terang Ghafar.

Semoga dengan adanya program ini dapat membuat masyarakat menjadi termotivasi untuk mewujudkannya sehingga kelurahan Ditotrunan menjadi pelopor bagi wilayah lain untuk mengikuti jejak program MKRPL, harapnya. (Mam)
Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar