Tunjang Peningkatan Pertanian, Koramil 0821/12 Jatiroto Dampingi Pembangunan Box Pintu Air

Lumajang,(DOC)-Kelancaran ketersediaan air merupakan salah satu modal utama bagi kelancaran proses pertanian. Guna mendukung kelancaran tersebut, pemerintah melalui Dinas Pertanian melaksanakan program pembangunan box pintu air di beberapa titik lokasi lahan pertanian.

Seperti yang dilaksanakan di lahan pertanian Poktan Bangun Tani 1 Dusun Curahwedi Desa Jatiroto Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan box pintu air dengan ukuran 2 x 1,5 meter, Selasa (16/10/2018).

Menurut Isnaini, Koordinator Penyuluh Pertanian Kabupaten Lumajang bahwa pembangunan box pintu air ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memperlancar dan memeratakan pembagian air di lahan pertanian.

“Hal yang mendasari pembangunan box pintu air ini adalah di beberapa wilayah sering terjadi permasalahan pembagian air sehingga petani sering berebut agar lahan pertaniannya dapat memperoleh jatah air yang cukup,” ungkapnya.

“Dengan ketersediaan air yang cukup tidak terjadi lagi permasalaha pembagian air dan diharapkan petani dapat lebih termotivasi dalam upaya peningkatan hasil pertaniannya,” tutur Isnaini.

Sementara itu, Danramil 0821/12 Jatiroto melalui Peltu Sukirman selaku Bati Tuud Koramil 0821/12 Jatiroto juga mengatakan, TNI disamping tugas dan tanggung jawabnya melaksanakan pembinaan di wilayah juga sebagai pendamping dalam kegiatan pertanian di wilayah.

“Sebagai pendamping pertanian, tugas kita tidak hanya mendampingi kegiatan petani di lapangan saja melainkan selalu berkoordinasi dengan BPTP Pertanian dan instansi terkait untuk mencari trobosan baru dalam upaya meningkatkan hasil pertanian,” tambahnya.

“Semoga dengan pembangunan box pintu air ini, kebutuhan air lahan pertanian tidak ada kendala, hasil panen meningkat sehingga dapat mendukung kesuksesan program ketahanan pangan nasional yang telah dicanangkan oleh pemerintah," pungkas Peltu Sukirman.(Mam)
Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar