Peduli Sesama, Babinsa Sidomulyo Dukung Pelaksanaan Donor Darah

Lumajang,(DOC)-Sebagai wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat, Babinsa Sidomulyo Koramil 0821/14 Pronojiwo berperan aktif mendukung pelaksanaan donor darah yang diselenggarakan oleh Puskesmas Pronojiwo bekerja sama dengan puskesmas pembantu Desa Sidomulyo bertempat di Balai Desa Sidomulyo Kecamatan Pronijiwo Kabupaten Lumajang, Kamis (18/10/2018).

Muhammad Yadin, M. Kes. selaku ketua tim pelaksana dari Puskesmas Pronojiwo di sela pelaksanaan kegiatan mengatakan bahwa donor darah merupakan kegiatan sosial yang bertujuan untuk memupuk dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sesamanya.

“Pelaksanaan donor darah ini merupakan kegiatan rutin yang nantinya pihak puskesmas akan berkoordinasi dan bekerja sama dengan puskesmas pembantu yang ada di wilayah,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, berdasarkan data yang ada pada pelaksanaan donor darah kali ini, dari 51 orang yang tercatat sebanyak 47 orang dinyatakan layak untuk diambil darahnya.

“Tidak semua yang ingin mendonorkan darahnya dapat diambil, hal ini dimaksudkan agar darah yang disumbangkan steril dan terbebas dari penyakit sehingga penerima donor dapat terhidar tertular penyakit seperti HIV Aids, Hepatitis, dan penyakit berbahaya lainnya,” jelasnya.

“Dengan pelaksanan donor darah langsung di wilayah seperti ini dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya serta dapat menumbuhkan dan memupuk rasa kepedulian masyarakat terhadap sesamanya,” tandas Muhammad Yadin.

Sementara itu Babinsa  Sidomulyo Sertu Supardi juga menambahkan bahwa sebagai anggota TNI yang bertugas melaksanakan pembinaan di wilayah harus selalu siap dalam mendukung dan berperan aktif dalam setiap kegiatan kemasyarakatan yang dilaksanakan di wilayah.

“Peran aktif babinsa dalam pelaksanaan kegiatan kemasyarakatan seperti donor darah ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat,” jelasnya.

Ditambahkan Sertu Supardi, kegiatan donor darah disamping untuk menumbuhkan dan memupuk jiwa sosial dan kemanusian terhadap sesama, donor darah juga memberikan manfaat kepada pendonor, antara lain memperlancar aliran darah dalam tubuh pendonor sehingga dapat terjaga kesehatannya.

“Kegiatan amal ini tentu memberikan nilai ibadah yang dapat membantu dan memberikan pertolongan kepada masyarakat, mudah-mudahan segenap personel yang terlibat dalam kegiatan ini mendapatkan berkah dan pahala dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” pungkas Sertu Supardi.(Mam)
Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar