Mempercepat Mengurus KTP Dan Gratis

Lumajang,(DOC)-Pemerintah Kabupaten Lumajang pada 2019, akan menganggarakan untuk pengadaan alat cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) di masing - masing Kantor Kecamatan.

Hal itu guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat serta dapat memperpendek dalam mengurus KTP. Selain itu, masyarakat tidak harus mencetak di Dinas kependudukan dengan antrian yang panjang.                        

"Memang sekarang ngurus KTP di Kabupaten Lumajang melalui Dinas Kependudukan, betul cepat, betul mudah, tapi antrinya masih panjang. Dengan adanya alat cetak KTP yang sudah disediakan oleh Pemerintah, masyarakat dapat antri dengan mudah melalu Kantor kecamatan, serta mendapat pelayanan yang lebih Familier dan lebih mudah." Dimikian keterangan yang disampaikan Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, M. ML., pada Pembinaan Perangkat Desa se - Kecamatan Pasrujambe dan santunan anak yatim, di Kantor Kecamatan Pasrujambe, Rabu (24/10/18) siang.

Lebih lanjut, disampaikan, bahwa Pemerintah berencana meluncurkan mobil unit Administrasi Kependudukan, seperti KTP, KK maupun Akte Kelahiran dll, yang akan berkeliling di masing - masing desa yang tersebar di Kabupaten Lumajang. Ini bertujuan agar mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat.

Di samping itu, Cak Thoriq menghimbau kepada seluruh perangkat Desa agar meningkatkan pelayanan yang ada di masing masing desa.

Sementara itu, Bunda indah kembali menegaskan, bahwa semua program yang sudah dijanjikan pada masa kampanye semua akan dilakasanakan, seperti seragam sekolah gratis, SPP gratis sekolah SD/SMP dan SMA/SMK/Aliyah Negeri maupun Swasta.

"Mulai tahun depan tidak ada lagi siswa yang membayar SPP. Kalau di luar SPP, apabila komite mewajibkan iuran kepada siswa untuk kegiatan kegiatan lain, itu masih diperbolehkan, tetapi besaranya akan dikendalilan supaya tidak terlalu memberatkan beban kepada masyarakat," paparnya.

Disisi lain, Camat Pasrujambe, Edy Irianto S.Sos., mengucapkan selamat datang dan  terimakasih kepada Bupati dan Wabup yang sudah hadir dalam acara tersebut.

Camat Pasrujambe melaporkan bahwa peserta yang hadir dalam pembinaan tersebut tercatat kurang lebih 200 orang, diantaranya perangkat Desa, Forkopimca, Kepala Desa. sementara itu Kecamatan Pasrujambe terdiri dari 7 Desa, 37 Dusun, 92 RW, 286 RT dengan jumlah penduduk 39.000.595 jiwa dan jumlah perangkat Desa yang ada di Kecamatan Pasrujambe, tercatat 84 perangkat.

Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Budi Hartono menyampaikan bahwa terselenggaranya pembinaan tersebut berkat kerjasama antar Desa, yang menjadi pelestari PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) mandiri Pedesaan, serta anggaran yang dilaksanakan pada acara tersebut berasal dari anggaran surplus pada 2016 dan 2017 yang dialokasikan untuk santunan anak yatim.

Dalam kesempatan itu Cak Thoriq beserta Bunda Indah menyerahkan santunan kepada 50 anak yatim.(Mam)
Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar