Kapolres Lumajang Miliki "Konsep Kampung Aman"

Kapolres Lumajang rapat koordinasi konsep kampung aman bersma Pejabat utama Polres, dan Kades
Lumajang,(DOC)-Untuk meminimalisir pencurian hewan di wilayah Lumajang, Kapolres Lumajang memiliki konsep "KAMPUNG AMAN" diantaranya pembentukan kandang kumpul.

Acara rapat koordinasi tersebut dilaksanakan di Watu Pecak, Desa Selok Awar-awar, Kecamatan Pasirian, Senin (15/10/2018) siang, dihadiri para pejabat utama Polres Lumajang, dan kepala desa Selok Awar-awar, serta warga.

Kapolres Lumajang, AKBP H. Rachmad Iswanusi. S.I.K. M.H. melalui Paur Subbag Humas Ipda Catur Budi Baskoro mengatakan, pembuatan konsep kandang kumpul ini untuk mempersempit ruang gerak pencurian sapi.

"Pembuatan konsep kandang sapi dengan sistim kandang kumpul  ini untuk mempersempit ruang gerak pencurian sapi," ucapnya.

Kapolres yang membuat konsep ini, nantinya konsep kampung aman tersebut diserahkan pada Bupati Lumajang sebagai salah satu upaya meminimalisir adanya gangguan kamtibmas selain upaya represif.

Disisi lain, warga juga menyambut baik adanya kegiatan yang dilakukan pihak kepolisian. Tentunya hal itu menurut Ipda Catur ada hambatan dan tantangan yaitu bagi warga yang rumahnya jauh dari kandang kumpul,  maka butuh waktu untuk mencapai lokasi kandang kumpul. 

" Hambatan warga membutuhkan waktu dan jarak tempuh dari rumah menuju kandang kumpul. Bagi warga yang dekat dengan lokasi tidak ada masalah. Sedangkan Keuntungan dari pembuatan kandang kumpul adalah memudahkan pemantauan keamanan terhadap ternak warga, juga limbah dari kotoran ternak tersebut bisa dijadikan pupuk kompos dan bisa dijadikan sebagai bahan bakan bio gas ." kata Ipda Catur Budi Baskoro.

Saat ini rencananya akan dilakukan di Desa Selok Awar-awar akan tetapi masih menentukan tempat atau lokasi yang strategis.

"Jika nanti pelaksanaan pembuatan kandang kumpul berhasil, maka akan dijadikan percotohan bagi desa lain, kendalanya adalah membutuhkan lahan luas," pungkasnya.(Mam) 
Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar