Wabup Lumajang: Melahirkan dan Sekolah Gratis, Urus KTP Hanya Tiga Hari Selesai

Lumajang, (DOC)-Bupati Lumajang  H. Thoriqul Haq MML dan Wakil Bupati Ir. Hj. Indah Amperawati M.Si, resmi di latik oleh Gubenur Jawa Timur H. Soekarwo, S.H, di Gedung Grahadi Surabaya.

Langkah awal di Pemerintahan Kabupaten Lumajang nantinya Bupati dan wakil Bupati Lumajang nampak ada warna baru yang ditampilkan dalam internal birokrasi. Dan memjawab sejumlah keluhan yang ditampung pihaknya selama ini.

Wakil Bupati Lumajang Hj Indah Amperawati M. Si kepada sejumlah awak media mengatakan program seratus hari kerja, akan menata  ulang kembali tata kelola pemerintahan yang baik, benar dan bersih. Dimulai dari SDM aparatur.

"Nanti kami akan mencoba untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada di birokrasi. Apa penyebab lambatnya pelayanan selama ini, apa sih penyebab masyarakat itu kecewa, terhadap pelayanan pemerintah selama ini," kata Wakil Bupati Lumajang  usai dilantik di gedung grahadi Surabaya, Senin (24/9/30).

Salah satunya adalah mencarikan solusi, minimal mental aparatur sipil negara (ASN) harus berubah.

"Mereka tidak boleh lagi memperlambat pelayanan kepada rakyat. Tidak ada lagi memainkan anggaran yang tidak sesuai aturan," jelasnya Wakil Bupati Indah Amperawati.

Terkait janji pada saat masa pencalonannya dulu, Wakil Bupati Lumajang meminta masyarakat untuk bersabar dan menunggu, bahwa pihaknya akan bekerja dengan cepat dan melaksanakn janji kampanye."Kami akan bekerja dengan masyarakat

Tak hanya itu juga, ia tegaskan jika semua ibu melahirkan sudah boleh gratis. Ia bersama Bupati, besok siang akan mengundang seluruh direktur rumah sakit swasta dan umum untuk membicarakan pagu dana agar ibu melahirkan gratis.

"Juga admistrasi kependudukan. Yang semula KTP perlu waktu tiga bulanan, sekarang tidak boleh lagi ada petugas yang memperlambat pengurusan KTP, KK dan lain - lain. KTP baru tiga hari harus sudah selesai. KTP rusak dan hilang namun sudah rekam, setengah jam harus selesai," tukas Wabup.

Menurutnya, ada SOP yang mengatur semua itu dan harus ditaati oleh petugas peayanan.

Bahkan di bidang pendidikan, tahun depan SPP gratis. "Sudah kita berlakukan mulai SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK, Aliyah Negeri ataupun Swasta," pungkasnya. (Mam)

Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar