Tingkatkan Produksi kedelai, Babinsa Tukum Bantu Pengendalian OPT


Lumajang, (DOC) - Dalam rangka meningkatkan produktifitas tanaman kedelai di wilayah, Babinsa Tukum Koramil 0821/15 Tekung membantu pelaksanaan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) kedelai yang berada di lahan milik kelompok tani Tani Makmur Dusun Tukum Kidul Desa Tukum Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, Rabu (19/9/2018).

Disapaikan oleh H. Nasikin, Ketua Kelompok Tani Makmur bahwa pada musim kemarau kali ini banyak petani beralih untuk menanam palawija yang salah satunya tanaman kedelai seperti yang dilakukan kelompok Tani Makmur.

“Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mengendalikan organisme penggangu tanaman kedelai sehingga tanaman dapat tumbuh sehat dan subur sehingga dalam musim panen mendatang petani dapat memperoleh hasil yang melimpah,” lanjutnya.

Sementara itu Yunus, kepala desa setempat juga menambahkan dalam masalah pertanian pemerintah desa tidak akan tinggal diam dan akan membantu petani untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Bersama dengan babinsa dan PPL kita musyawarahkan untuk mencari solusi terbaik dalam peningkatan pertanian sehingga petani Desa Tukum dapat meningkat kesejahteraannya,” tuturnya singkat.

Di lain pihak Babinsa Tukum Serda Junaidi di sela pelaksanaan kegiatan juga mengatakan, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab babinsa untuk mendampingi dan membantu petani dalam upaya peningkatan hasil pertanian di wilayah desa binaannya.

“Dengan pengendalian bersama OPT kedelai ini, diharapkan organisme pengganggu dapat dikendalikan perkembangannya sehingga tanaman dapat tumbuh subur dan menghasilkan biji kedelai yang melimpah,” pungkasnya.(Mam) 
Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar