Lestarikan Tradisi Dan Budaya Daerah, Babinsa Pronojiwo Hadiri Ruwatan Desa

Lumajang,(DOC)-Dalam rangka mendukung pelestarian budaya daerah dan tradisi di wilayah desa binaan, Babinsa Pronojiwo Koramil 0821/14 Pronojiwo menghadiri pelaksanaan Ruwatan Desa yang bertempat di lokasi Ranu Lingga Rekesi Dusun Darungan Desa Pronojiwo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Sabtu (29/9/2018).

Kegiatan ruwatan desa tersebut dihadiri sekitar 125 orang yang terdiri dari peronel Koramil 0821/14 Pronojiwo, petugas TNBTS, Perangkat Desa Pronojiwo serta berbagai elemen masyarakat Desa Pronojiwo.
 

Dalam kesempatan tersebut Suparman, Kasun setempat yang mewakili kepala desa mengatakan, bahwa Ranu Lingga Rekesi yang dijadikan tempat kegiatan merupakan tempat sumber mata air utama yang memberikan manfaat bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Pronojiwo, karena selama ini kebutuhan air bersih dalam sehari-hari ditopang dari tempat ini.
 

“Kegiatan ruwatan desa ini dilaksanakan dengan acara selamatan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT karena Ranu Lingga Rekesi ini telah menyediakan kebutuhan air bagi seluruh masyarakat Kecamatan Pronojiwo,” tambahnya.
 

“Mengingat pentingnya sumber mata air yang ada di Ranu Lingga Rekesi ini diharapkan kepedulian seluruh masyarakat untuk menjaga dan memelihara kelestarian alam sekitar Ranu Lingga Rekisi,” harap Suparman.
 

Hal serupa juga disampaikan oleh Toni Artaka, Kepala Resort TNBTS bahwa mata air yang ada di Ranu Lingga Rekesi ini perlu kita jaga dan dilestarikan sehingga dapat selalu menyediakan pasokan air bagi seluruh masyarakat Kecamatan Pronojiwo.
 

“Untuk menunjang hal tersebut mari bersama kita tanamkan dalam diri masing-masing untuk selalu peduli terhadap pelestarian alam khususnya hutan yang ada di wilayah Kecamatan Pronojiwo,” ajaknya.

Sementara itu Babinsa Pronojiwo Serka Murdiono juga menambahkan bahwa peran aktif masyarakat dalam menjaga kelestarian hutan sangat diperlukan khususnya di wilayah sekitar Ranu Lingga Rekesi sebagai sumber mata air utama bagi masyarakat Kecamatan Pronojiwo.
 

“Kepada masyarakat diharapkan selalu memanfaatkan sumber mata air ini dengan bijak dan sebaik-baiknya agar selalu dapat menyediakan kebutuhan air meskipun saat musim kemarau,” pungkasnya.(Mam)
Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar