Lestarikan Budaya Lokal, Personel Koramil 0821/08 Pasirian Sukseskan Petik Laut

Lumajang,(DOC)-Sebagai satuan yang bertugas di wilayah teritorial, personel TNI yang bertugas di koramil dituntut untuk membaur dan mendekatkan diri dengan masyarakat, serta menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban wilayah yang kondusif.

Selain itu setiap personel diharapkan mengenal dan melestarikan budaya lokal yang ada di wilayah desa binaan masing-masing.  Seperti yang dilaksanakan di Desa Bades, Personel Koramil 0821/08 Pasirian turut berperan aktif dalam pelaksanaan tradisi syukuran Petik Laut yang dilaksanakan di Pantai Cemara Indah, Dusun Dampar Desa Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Jumat (14/9/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut Jajaran Muspika Pasirian, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lumajang, Kepala Desa Bades Beserta Staf, Kelompok Nelayan Dusun Dampar serta warga Dusun Dampar yang turut hadir memeriahkan acara tersebut.

Dalam sambutannya Edy Sunaryo, Petugas Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lumajang mengatakan bahwa dalam penangkapan ikan di laut hendaknya setiap nelayan membawa pelampung sebagai alat pengamanan apabila terjadi sesuatu saat melaut.

“Seperti kata pepatah, “Sedia Payung Sebelum Hujan”.  Lebih baik mengantisipasi segala segala kemungkinan yang akan terjadi sehingga kita akan selalu siap menghadapinya,” ujarnya.

Di lain pihak Sulihadi, Kepala Desa Bades juga mengatakan Kegiatan petik laut ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu kita laksanakan disetiap tahunnya.

“Kegiatan ini merupakan wujud kita sebagai masyarakat nelayan untuk selalu mensyukuri berkat atau rejeki yang sudah Allah SWT berikan kepada kita, adapun kegiatan seperti hiburan itu kita laksanakan guna menjaga kelestarian kebudayaan kita yang sudah ada semenjak nenek moyang kita,” tuturnya.

Sementara itu Danramil 0821/08 Pasirian Kapten Inf Hasanudin juga mengatakan bahwa kegiatan petik laut merupakan tradisi lokal yang perlu untuk dilestarikan.

“Secara pribadi saya sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini sebagai wujud pelestarian budaya lokal dan merupakan aset budaya daerah,” tambahnya.

“Selain itu juga untuk menjaga kelestarian lingkungan pantai diharapkan kepada masyarakat untuk selalu memelihara tanaman cemara yang berada di sekitar pantai sehingga kawasan Wisata Pantai Cemara Indah Dampar ini tetap terjaga kelestariannya,” pungkas Danramil.(Mam)

Posting Komentar

0 Komentar