Babinsa Dorogowok Dukung Pelaksanaan Sedekah Desa

Lumajang,(DOC)-Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat serta untuk melestarikan budaya lokal, Babinsa Dorogowok Koramil 0821/13 Kunir membantu dan mendukung kegiatan sedekah desa yang dilaksanakan di Lapangan Desa Dorogowok Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang, Jumat (13/9/2018).

Menurut Kholil, Kepala Desa Dorogowok bahwa meski saat ini sudah memasuki era digital tidak lantas masyarakat melupakan adat istiadat dan budaya yang telah diwariskan oleh nenek moyang pendahulu secara turun temurun.

"Ini merupakan tradisi kami secara turun temurun, sebagai bentuk ucapan syukur atas nikmat dan berkah yang diberikan Allah SWT kepada masyarakat desa berupa hasil panen," ujarnya.

Lebih lanjut Kades menambahkan, kegiatan sedekah desa ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan untuk mengingatkan warga untuk selalu bersyukur serta untuk memelihara kerukunan dan kebersamaan warga.

"Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada babinsa dan semua pihak yang telah berperan aktif membantu sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar," tutur kades.

Sementara itu Babinsa Dorogowok Serda Usman Efendy  juga mengatakan, warga setempat sudah beberapa hari sebelum pelaksanaan kegiatan telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mensukseskan kegiatan ini.

“Sebanyak 1,5 kwintal hasil bumi yang ditata menyerupai gunungan dan nantinya akan diarak dan dibagikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

“Sebagai anggota TNI yang bertugas di wilayah teritorial, babinsa harus bisa membaur dengan masyarakat serta berperan aktif mendukung dan mensukseskan setiap kegiatan kemasyarakatan yang dilaksanakan di wilayah,” tegasnya.

“Semoga dengan pelaksanaan sedekah desa ini, tradisi yang sudah turun temurun diwariskan dapat selalu terjaga kelestariannya serta dapat mempererat hubungan silaturahmi antar warga,” pungkas Serda Usman.

Posting Komentar

0 Komentar