Upacara Peringatan HUT RI Ke 73 Tahun 2018 Juga Diadakan Oleh Elemen Masyarakat Lintas Agama

Lumajang, (DOC) - Bukan hanya kalangan pemerintahan saja yang melaksanakan upacara peringatan HUT RI Ke 73 Tahun 2018, elemen dan komponen masyarakat yang ada di wilayah kabupaten Lumajang juga menyelenggarakan upacara yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

Berlokasi di Situs Cagar Budaya Selogending sebuah tempat persembahyangan umat Hindu yang  ada di wilayah rt. 05 rw.  05 dusun Krajan desa Kandangan kecamatan Senduro kabupaten Lumajang upacara peringatan HUT RI ke 73 tahun 2018 juga digelar. 

Kegiatan yang diprakarsai oleh PCNU kabupaten Lumajang beserta jajaran pengurus dan anggotanya tersebut juga telah diikuti oleh perwakilan dari masyarakat umat Hindu, pejabat pemerintah desa setempat serta partisipasi dari Fatayat dan GP Anshor yang merupakan bagaian dari Ormas NU. 

Usai pelaksanaan kegiatan upacara Gus Muhamad Mas'ud selaku Inspektur Upacara sekaligus ketua PCNU kabupaten Lumajang mengatakan, bahwa kegiatan yang kita laksanakan bersama merupakan wujud dan bukti nyata kerukunan umat beragama di wilayah kabupaten Lumajang masih terjalin cukup baik dan harmonis serta solid dengan tekad yang sama untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan membangun yang sejahtera, ujarnya.

"Sengaja kita memilih lokasi upacara peringatan HUT RI ke 73 tahun 2018 Situs Selogending wilayah desa Kandangan, karena ini adalah tempat bersejarah dan kita sebagai generasi penerus bangsa untuk tidak melupakan sejarah dengan selalu mengingat leluhur kita yang telah berjuang melawan penjajah demi sebuah kemerdekaan", terang Gus Mas'ud. 

Setelah di perjuangankan oleh para pahlawan, negara ini tidak lepas dari Pancasila karena Negara ini bukan berdasarkan atas dasar agama maupun sekuler akan tetapi bangsa Indonesia dikemas melalui filosofi moralitas di Negeri ini, melalui ukuwah watoniah disinilah tempatnya dan jagan sampai terobek-robek oleh hal kecil dan berdampak perpecahan, tegasnya.

"Kami mengharapkan ditahun-tahun yang akan datang upacara seperti ini rutin dilaksanakan dan tidak hanya 17 Agustus saja akan tetapi kegiatan penting lainnya bisa terlaksana di area Situs Selogending ini," harap Gus Mas'ud. 

Sementara Babinsa Kandangan Koramil 0821/03 Senduro yang turut hadir bersama tiga pilar desa juga menambahkan, kegiatan seperti ini merupakan sarana  efektif untuk mempersatukan tali persaudaraan antar lintas umat beragama untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan dengan menjalin persaudaraan dan persahabatan demi terwujudnya kedamaian negeri tercinta, ujarnya singkat. (Mam) 

Posting Komentar

0 Komentar