Pustaka Jalanan GSNI: Dorong Masyarakat Lumajang Untuk Gemar Membaca

Lumajang (DOC) Seperti kata pepatah, bahwa membaca buku bagaikan membuka jendela dunia. Namun kenyataanya di era modern ini penggunaan gadget pada generasi muda menjadi salah satu pemicu berkurangnya minat baca. Hal tersebut mendorong puluhan pelajar yang tergabung dalam Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI) Cabang Lumajang untuk mengadakan Pustaka Jalanan, Minggu (22/07/2018).

Pustaka Jalanan sendiri, merupakan program kerja GSNI Lumajang yang sudah 3X dilakukan di Alun-alun, tujuannya sebagai upaya guna mendukung gerakan literasi khususnya di Kabupaten Lumajang. Pada kegiatan yang ke-3 ini GSNI Lumajang bekerja sama dengan Masyarakat Peduli Peninggalan Majapahit Timur (MPPMT) dengan meminjam beberapa koleksi buku tentang Sejarah Indonesia maupun Sejarah Lokal Lumajang.

Sesuai dengan namanya ‘Pustaka Jalanan’ ini memang membuka lapaknya di pinggir jalanan, kegiatan Pustaka Jalanan rutin diselenggarakan di Alun-alun Lumajang karena lokasinya strategis ditambah lagi bertepatan dengan hari Minggu, dimana masyarakat Lumajang sedang asyik menikmati Car Free Day (CFD).

Buku-buku yang di suguhkan pun beragam. Mulai dari genre sejarah, budaya, majalah tempo, novel, filsafat, biografi hingga bahasa dan sastra. Buku monumental karya aktivis serta sejarawan Lumajang, Mansur Hidayat, S.S.,M.M. juga turut meramaikan koleksi buku yang ada di Pustaka Jalanan tadi pagi.

“Bagus sih kegiatannya, karena dengan membaca, Kita bisa punya wawasan baru. Koleksi buku-bukunya juga banyak jadi kesannya itu gak bosan. Terlebih kebanyakan bukunya tentang peninggalan sejarah dan kepahlawan. Bagus banget buat menumbuhkan kesan yang historis untuk generasi sekarang.” Ujar Dias selaku ketua Army Lumajang.

Walaupun hanya berlapakan karpet biru dan alas sederhana, namun hal itu tak menyurutkan semangat para Kader GSNI Lumajang untuk selalu mengajak pengunjung membaca. Paling tidak sekedar mampir walau hanya melihat-lihat judul buku yang ada.

Khoirur Roziqin selaku ketua DPC GSNI Lumajang berharap, dengan diadakan kegiatan Pustaka Jalanan, kesadaran dan rasa cinta membaca buku dilingkungan masyarakat dapat tetap tumbuh walaupun tantangan kedepan tidaklah mudah. Tetapi dengan membaca, ilmu dan wawasan akan menjawab semua tantangan itu.

Jurnalis Warga: Ananda Salsabila Kenyo (Pengurus GSNI Lumajang).
Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar