Ombak 4 Meter Hajar Pantai di Dampar, Warung dan Kapal Nelayan Hancur

Lumajang, (DOC) - Ombak besar setinggi 4 meter menghajar pesisir pantai selatan di wilayah Kabupaten Lumajang sejak Rabu (18/7/2018) hingga Kamis (19/7/2018) dini hari. Akibat terjangan ombak besar itu, kapal-kapal nelayan dan sejumlah warung di pinggir pantai rusak parah.

Gelombang tinggi terjadi di wilayah Pantai Dampar, Dusun Dampar, Desa Bades di Kecamatan Pasirian Karena air laut masuk ke daratan, akibatnya beberapa kapal nelayan dan puluhan warung di tepi pantai rusak. Namun tidak ada laporan korban jiwa.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD kabupaten Lumajang Wawan Hadi mengatakan, dengan kejadian  gelombang ombak besar  menerjang  sekitar 30 perahu serta 19  warung yang berada pinggir pantai Dampar.

"Dimama dalam kejadian tersebut salah satu warung roboh hingga rusak berat milik Herman (27), sedangkan lainnya mengalami kerusakan 40% sampai 60%," Ujar Wawan Hadi. Kamis (19/7/2018).

Selain itu,  kerusakan juga di alami perahu nelayan dengan mengalami kerusakan rata pada bagian sirip  dan  keseimbangan patah kerugian masing 2 perahu.

"Perahu yg rusak ringan pada bagian kincir dan kemudi mesin," ucapnya. 

Wawan menambahkan berdasarkan laporan BMKG Jawa Timur, potensi gelombang tinggi ini diperkirakan masih akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Tinggi gelombang maksimum terjadi pada hari ini yang bisa mencapai ketinggian 4 meter.

"Sampai saat ini petugas gabungan masih berada di lokasi untuk membantu nelayan dan warga pemilik warung serta membersihkan lokasi karena banyak sampah berserakan,” ungkap Wawan. (Mam)  



Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar