WOW !!! Pendidikan Karakter Modal Sukses Persaingan di Dunia Kerja

Malang (DOC) - Pembentukan karakter sangat penting ditanamkan sejak dini pada setiap anak. Selain berdampak pada anak itu sendiri juga berdampak pada negara, sebagai wujud pengabdian pada masyarakat, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) yang ditempatkan di Desa Glanggang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang melaksanakan Sosialisasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 2 Pakisaji untuk meningkatkan kualitas diri individu anak dan pembentukan moral yang baik, Senin (28/5/2018).

Kegiatan tersebut mengundang Eki Robbi Kusuma S.Pd (Mahasiswa Pascasarjana UM dan Praktisi Pendidikan) sebagai pengisi materi. Dari pihak sekolahpun mendukung penuh kegiatan Sosialisasi Pendidikan Karakter. Kegiatan tersebet dihadiri kurang lebih seratus dua puluh peserta yang merupakan keseluruhan siswa-siswi kelas 8 SMP Negeri 2 Pakisaji.

Penyampaian materi tentang Pentingnya Pendidikan Karakter diselingi dengan permainan edukasi dan interaktif sehingga semakin menambah serunya kegiatan tersebut. Diakhir kegiatan terdapat sesi tanya jawab dan pembagian hadiah kepada anak yang berhasil menjawab pertanyaan.

Eki Robbi Kusuma, menyampaikan bahwa karakter baik seorang individu sangat diperhitungkan dalam kesempatan mendapatkan pekerjaan, tantangan zaman semakin hari semakin sulit, persaingan dunia kerja semakin meningkat. Oleh karena itu masa depan milik mereka yang menyiapkan hari ini.

"Karakter seorangbindividu sangat diperhitungkandalam kesempatan mendapatkan pekerejaan, tantangan di era globalisasi sekarang persaingan di dunia kerja semakin meningkat sehingga dibutuhkan kesiapan dari masing-masing individu untuk benar-benar menyiapkan diri dari sekarang” ujar Mahasiswa Pacasarjana tersebut.

Lebih lanjut dia menjelaskan penguatan pendidikan karakter dalam tantangan zaman sekarang ini sangat dibutuhkan selain dari individu anak, peran lingkungan juga sangat berpengaruh seperti orangtua, sekolah maupun masyarakat. Supaya nantinya akan membentuk karakter baik seorang anak yang berjiwa religius, nasionalis, integritas, mandiri dan gotong royong.

"Seperti yang dikatakan Martin Luther King Jr, jika kamu tak bisa terbang, berlarilah. Jika kamu tak bisa berlari, berjalanlah. Jika kamu tak bisa berjalan, merangkaklah. Apapun yang kamu lakukan kamu harus tetap bergerak. Selain itu Ali bin Abi Thalib berkata balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik. Jadi persiapkan dirimu mulai dari sekarang" paparnya.

Jurnalis Warga: Yova Andre
Mahasiswa Hukum dan Kewarganegaraan
Universitas Negeri Malang

Posting Komentar

0 Komentar