STOP Rokok & NAPZA, Mahasiswa KKN UM Gelar Penyuluhan Dampak Penggunaan Rokok dan NAPZA

Malang (DOC) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) 26, 28 dan 30 Mei 2018 yang lalu menggelar penyuluhan dampak penggunaan rokok dan NAPZA di SDN 02 Karanganyar, SDN 01 Karanganyar, MI Nurul Ulum Karanganyar Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah dan membentengi siswa yang duduk di SD dan MI agar tidak menggunakan rokok dan NAPZA.

Ide tersebut bermula ketika mahasiswa KKN melihat kasus siswa SD yang menggunakan rokok dan NAPZA. Contohnya kasus siswa SD tertangkap basah menghisap rokok saat jam sekolah di Sumenep . Selain itu terdapat kasus dimana 59 siswa SD menjadi pecandu narkoba didaerah Lampung . Oleh karena itu dengan adanya penyuluhan dampak penggunaan rokok dan NAPZA diharapkan siswa SD dan MI di Karanganyar terhindar dari rokok dan NAPZA.

Kegiatan penyuluhan tersehut dilakukan pada masing-masing sekolah di hari yang berbeda. Hari pertama (26/5/2018) penyuluhan dilakukan di SDN 02 Karanganyar, hari kedua (28/5/2018)  di SDN 01 Karanganyar, dan hari ketiga (30/5/2018) di MI Nurul Ulum Karanganyar.

Untuk menarik minat siswa dalam penyuluhan ini menggunakan video-video animasi yang dapat menarik siswa dalam penyuluhan dampak penggunaan rokok dan NAPZA. Hal itu terlihat dari antusias siswa dalam penyuluhan tersebut.

“Dalam penyuluhan bahaya rokok dan NAPZA ini kami banyak menggunakan video animasi agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan. Kami juga memberikan pertanyaan seputar materi diakhir penyuluhan sebagai langkah interaksi untuk lebih dekat dengan siswa” ungkap Hanina, Mahasiswa Jurusan Biologi UM tersebut.

“Kegiatan semacam ini sangat baik sekali karena sejak dini kita semua harus membentengi anak didik kita agar mereka menjahui rokok dan NAPZA karena mengingat akhir-akhir ini di berbagai pemberitaan di TV banyak siswa SD sudah banyak yang menggunakan rokok dan NAPZA sehingga ketika mahasiswa KKN UM menawarkan program tersebut kami sangat mendukung sekali” ungkap Matakur, Guru SDN 02 Karanganyar.

Jutnalis Warga: Rizki Muhika Mewa, dkk. Karanganyar Poncokusumo Kabupaten Malang

Posting Komentar

0 Komentar