Siswa SDN 04 Senggreng dan Mahasiswa KKN UM Peringati Hari Lahirnya Pancasila dengan Seni Kolase

Malang (DOC) - Hari Lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni diperingati oleh Mahasiswa KKN UM desa Senggreng dengan memberikan pelatihan membuat kolase di SDN 04 Senggreng, Rabu (6/6/2018).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan harapan siswa sekolah dasar di desa Senggreng tidak melupakan hari Lahirnya Pancasila sekaligus memperkenalkan seni kolase pada siswa sekolah dasar.

Melalui wawancara sebelumnya dengan siswa SDN 04 Senggreng saat pelajaran kesenian siswa kelas 1 SD 04 Senggreng biasanya diberikan kegiatan menggambar dan bernyanyi saja. Hal tersebut dirasa mahasiswa KKN UM kurang dapat meningkatkan kreatifitas anak, sehingga memilih seni Kolase untuk diajarkan ke siswa SD.

Kolase merupakan seni rupa dua dimensi dari berbagai bahan seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, biji-biji dan bahan-bahan lain yang ditempelkan pada permukaan gambar. Ada pun gambar yang digunakan dalam kegiatan kolase ini yaitu gambar lima pulau besar di Indonesia, hal tersebut bertujuan untuk mengenalkan siswa kelas 1 bahwa walau pun Indonesia yang terusun oleh berbagai pulau tetapi tetap dapat menjadi satu kesatuan.

"Dalam acara ini siswa SD diajak untuk mencintai Pancasila dari membuat kolase bergambar pulau Indonesia dengan tulisan Bhineka Tunggal Ika, maksud gambar pulau tersebut adalah walaupun Indonesia tersusun dari berbagai macam pulau tetapi tetap satu kesatuan” ungkap Chika Ketua Pelaksana kegiatan tersebut.

"Bahan yang digunakan untuk menempel pada gambar adalah biji-bijian seperti kacang hijau, beras yang telah diberi berbagai warna, jagung, dan cangkang telur" lanjut mahasiswa Jurusan Kimia tersebut. 

Acara yang digagas mahasiswa KKN UM ini mendapat sambutan yang luar biasa, baik Kepala Sekolah dan siswa-siswi SDN 04 senggreng. Terbukti siswa-siswi sangat antusias untuk membuat kolase bersama dengan mahasiswa KKN UM desa Senggreng. Hasil kolase yang dibuat oleh siswa selanjutnya ditempelkan pada mading kelas.

Jurnalis Warga: Ni Komang Chika Oktaviani

Posting Komentar

0 Komentar