Cegah Peredaran Narkoba, Labkesda Lumajang Gelar Tes Urine di SMAGA

Lumajang (DOC) -Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Lumajang Senin (23/04/2018) melakukan tes urine di SMA Negeri 3 Lumajang.

Tes urine ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan mendeteksi penggunaan Narkoba di lingkungan sekolah.

dr. Imannurdin Abdillah Kepala Labkesda Kabupaten Lumajang menjelaskan, tes urine di SMA Negeri 3 Lumajang sebagai upaya preventif agar siswa-siswi tidak terjerat Narkoba. 

"Tes urine di SMA/SMK kita lakukan sebagai upaya preventif agar siswa-siswi tidak terjerat Narkoba. Selain di SMA Negeri 3 sebelumnya kami juga melakukan tes urine di beberapa sekolah, target kami 600 siswa-siswi yg di tes urine. Untuk SMA Negeri 3 Lumajang kami membatasi 90 anak" Terang dokter muda tersebut.

Lebih lanjut dr. Imannurdin menjelaskan dalam pemilihan siswa-siswi yang akan dilakukan tes urine pemilihannya dilakukan secara acak. Tes urin yang kita lakukan ini selain untuk mengetahui adanya pemakaian Narkoba juga mendeteksi adanya kandungan nikotin dalam tubuh mereka.

"Dalam pemilihan siswa-siswi yang akan menjalani tes urine, kami melakukan secara acak. Selain mengetahui adanya pemakaian Narkoba juga mendeteksi adanya kandungan nikotin, kedepan Labkesda juga sedang mengupayakan pengadaan alat tes Narkoba melalui tes rambut.

Semantara itu Purwa Santosa, S.Pd Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan menjelaskan bahwa untuk menciptakan sekolah yang bersih Narkoba, SMA Negeri 3 Lumajang terus berupaya memberikan pemahaman kepada siswa-siswinya tentang bahaya Narkoba. 

"Kami juga melakukan kerjasama dengan berbagai pihak diantaranya BNNK Lumajang, Dinas Kesehatan untuk bersama-sama melakukan kegiatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan SMA Negeri 3 Lumajang" Ujar Guru Kimia tersebut.

"Siswa-siswi adalah amanah yang dititipkan wali murid kepada lembaga oleh sebab itu kami semua berupaya untuk terus membentengi anak-anak kami agar jangan sampai terjerat Narkoba" lanjutnya(Yp).
Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar