Gunung Semeru Luncuran Awan Panas Sejauh 1,5 KM

Lumajang,(DOC) - Gunung Semeru mengeluarkan guguran awan panas sejauh 1,5 kilometer dari puncak semeru, pada Minggu (7/1/2018) pagi kemarin

"Status Gunung Semeru saat ini masih level II Waspada, sekarang sudah aman tidak mengeluarkan guguran lava,"Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi S. Senin (8/1/2017).

Gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) itu telah mengeluarkan awan panas guguran sebanyak satu kali dengan amplitudo 20 milimeter dan durasi 819 detik.

Dan luncuran awan panas guguran ini berasal dari tumpukan material lava yang berada 1 Km dari puncak semeru.Sementara jarak luncuran dari titik guguran sekitar 1,5 kilometer yang mengarah ke Besuk Bang dan Besuk Kembar," kata Wawan Hadi.

Dari laporan pos pengamatan Gunung Semeru yang berada di gunung Sawur kemarin gunung semeru mengeluarkan letusan 43, guguran 12, hembusan 25, dan vulkanik dalam 4, tektonik jauh 2."Untuk getaran banjir atau lahar hujan terekam 1 kali dengan amplitudo 20 mm.

"Kami menghimabu kepada masyarakat yang berada di aliran Sungai (DAS) semeru untuk tetap wasada karena . Karena jika di puncak Gunung Semeru terjadi hujan maka akan membawa material pasir dan batu,"imbuhnya.(Mam)


Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar